Jumat, 10 Mei 2024

Pandemi, Monolog Kegagapan Negara Tangani Pandemi Covid-19

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Monolog berjudul Pandemi, dimainkan aktor Gegeh B. Setiadi dijadwalkan tampil Rabu (22/4/2020) secara streaming tentang kegagapan negara menangani pandemi Covid-19.

“Ini adalah bagian dari upaya kami mempertahankan kreativitas dalam berkesenian. Di saat semua harus berhenti dengan social distancing, di tengah pandemi Covid-19, lakon Pandemi hadir. Lakon ini bercerita tentang kegagapan negara ketika terjadi pandemi Covid-19,” kata Gegeh, Senin (20/4/2020).

Bersama dengan Komunitas Masih Suka Berteater (Master), Teater Lingkar, Gegeh menyampaikan bahwa lakon ini tetunya tidak berhenti, lantaran perkembangan pandemi Covid-19 masih terus berlangsung dan terjadi di tengah masyarakat.

Tentu saja akan ada perkembangan penanganan, dari negara, juga dari masyarakat. “Kalau ditanya bagaimana kelanjutan lakon Monolog nanti, tentunya kami juga terus melakukan pemetaan, kami terus kaji bagaimana perkembangan masyarakat selanjutnya, sekaligus langkah pemerintah dalam penanganan pandemi ini,” ujar Gegeh.

Lakon monolog Pandemi ditulis Moch. Afrizal Akbar dan disutradarai oleh Ryan Herdiansyah, dan dimainkan Gegeh B. Setiadi aktor sekaligus seorang wartawan sebuah koran di Kota Surabaya.

Monolog Pandemi, dijadwalkan bakal dipentaskan secara live streaming melalui Instagram pada Rabu (20/4/2020) menjelang pukul 19.00, melalui @komunitas.master dan @teater_lingkar. “Kami juga membuka kesempatan untuk masyarakat, atau kawan-kawan semua berdonasi bagi para korban pandemi Covid-19,” tambah Gegeh.

Meskipun pementasan teater seperti ini bukan yang pertama bagi Gegeh sebagai pemain, tetapi penampilan secara live melalui streaming adalah pengalaman pertama bagi Gegeh bersama seluruh pendukung pementasan monolog Pandemi.

“Ini pengalaman pertama. Pengalaman pertama tampil secara streaming dengan internet. Sebelumnya kami pernah tampil dalam beberapa pementasan teater. Ini menarik lantaran kami juga pertama kali menggelar pementasan melalui daring,” pungkas Gegeh.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
29o
Kurs