Rabu, 29 Mei 2024
Advertorial
Advertorial

Pertunjukan Karawitan Hingga Wayang di Parade Seni Budaya 2020 Pekan Ini

Laporan oleh Tim Redaksi
Bagikan
Pertunjukan wayang. Foto: Disbudpar Surabaya

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya menampilkan pertunjukan budaya karawitan dan wayang multi layar secara virtual pada Jumat (4/12/2020) dan Sabtu (5/12/2020) akhir pekan ini.

Tampilan Gelar Karawitan Gaul pada rangkaian Parade Seni Budaya Surabaya 2020 pada Jumat kali ini diperankan oleh Komunitas Jatiswara Indonesia dan Jurusan Seni Karawitan STKW Surabaya. Pemain karawitan sejumlah sebelas orang yang membawakan dua judul karya.

Judul karya pertama adalah Warana. Warana adalah penutup atau media untuk menyamarkan dari sesuatu. Dipendarkan dalam rangkaian materi yang memanfaatkan kekayaan teknik, dan organisasi musikal etnik Jawa Timuran. Digarap secara kreatif disertai dengan tata gerak sebagai satu kesatuan komposisi musik yang utuh.

Judul karya kedua yang dibawakan adalah Kumarajana. Kumarajana ini adalah sebuah sajian seni pertunjukan musik yang berangkat dari salah satu jenis bersih desa yang dikenal dengan sebutan Ritual Punjari Kumoro. Melalui karya musik ini diharapkan mampu memberikan alternatif karya-karya kreatif musik tradisi yang berkembang di Jawa Timur.

Di penghujung minggu, Sabtu pekan ini Anda akan dihibur pertunjukan wayang multi layar yang dibawakan kolaborasi Dalang se-Surabaya. Wayang Multi Layar ini disajikan oleh dalang muda dan senior. Satu layar besar sebagai bentuk tampilan wayang multimedia, diapit dua layar kecil sebagai bentuk penyajian wayang konvensional. Bahasa utama menggunakan Bahasa Jawa, diselingi dengan puisi berbahasa Indonesia sebagai ilustrasinya agar tampilan lebih komunikatif.

Pertunjukan Wayang Multi Layar kali ini mengangkat tokoh utama bernama Karna. Karna adalah anak dari Dewi Kunthitalibrata dari hubungannya dengan Bathara Surya.

Dikisahkan, Karna adalah pejuang sejati, setelah dilahirkan dia harus menghadapi kehidupan seorang diri, pahit, getir, hingga manisnya hidup dia raih dengan cucuran keringat hingga tetesan darah. Sebuah perjungan hebat untuk mengaskan diri bahwa seorang Karna layak untuk mendapat suatu kehormatan, sebagai manusia yang layak untuk berdaulat. Dia paham baik dan buruk, tahu akan kebenaran dan keadilan yang haqiqi, semua perjuangan yang dilakukan demi tegaknya kemerdekaan hidup, hidup yang seutuhnya.

Anda dapat menikmati pertunjukan seni budaya secara virtual di akun-akun Instagram dan kanal-kanal Youtube milik Pemerintah Kota Surabaya. Di antaranya Sparkling Surabaya (@surabayasparkling), Sapa Warga Surabaya (@sapawargasby), dan Bangga Surabaya (@surabaya), pada pukul 19.00 WIB.(adv)

Berita Terkait

..
Surabaya
Rabu, 29 Mei 2024
32o
Kurs