Senin, 27 Juni 2022

Sebelum Tampil di Santri Merah Putih, Arif Rofiq Ziarah Makam Mbah Hasyim

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Arif Rofiq (kanan) memerankan sosok KH Hasyim Asy'ari saat lakon Resolusi Jihad. Foto: Sindonews

Memantapkan peran sebagai KH Hasyim Asy’ari pada pementasan lakon Santri Merah Putih, Kamis (22/10/2020), selain melakukan latihan rutin, Arif Rofiq berencana berziarah ke makam tokoh nasional pendiri Nahdlatul Ulama (NU).

“Latihan tetap jadi bagian penting sebelum penampilan pada Kamis (22/10/2020) di Santri Merah Putih. Dulu zaman masih aktiv di teater juga sudah siap latihan untuk memerankan lakon setiap pementasan. Tapi memerankan sosok Mbah Hasyim, latihan rutin pasti, dan menyempatkan ziarah ke makam beliau,” terang Arif Rofiq pemeran KH Hasyim Asy’ari, Senin (19/10/2020).

Memperingati Hari Santri Nasional 2020, dijadwalkan bakal dipentaskan lakon Santri Merah Putih yang ditampilkan secara virtual. Lakon yang menceritakan bersatunya pemimpin agama, santri dan rakyat berjuang bersama mempertahankan kemerdekaan Indonesia melawan pejajahan Belanda bersama sekutunya.

Di tahun 2015, pementasan serupa dengan lakon Resolusi Jihad dipentaskan secara kolosal di Tugu Pahlawan sebagai bagian peringatan Hari Santri Nasional. Saat itu Arif Rofiq juga didapuk oleh sang sutradara untuk melakonkan sosok KH Hasyim Asy’ari yang berjuang bersama dengan santri dan rakyat.

“Sutradara minta saya memerankan sosok KH Hasyim Asy’ari. Waktu itu langsung saya sanggupi dan mencoba eksplor bagaimana sosok beliau melalui berbagai literatur, dan bertanya pada beberapa nara sumber. Waktu itu, Resolusi Jihad dipentaskan secara kolosal di Tugu Pahlawan,” cerita Arif Rofiq yang juga seniman ini.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, pementasan kolosal tidak mungkin lagi dilakukan, dan lakon Santri Merah Putih yang juga dijadwalkan tampil melalui daring diharapkan tetap tidak mengurangi kesiapan segenap pemain dan pendukung lakon yang dimainkan untuk peringatan Hari Santri Nasional 2020.

“Kalau persiapan fisik dalam konteks peran, memang sudah saya lakukan. Bahkan waktu awal dipercaya melakonkan sosok tokoh Mbah Hasyim, langsung berlatih. Dan buat memantapkan nanti, saya ziarah ke Jombang, ke makam Mbah Hasyim. Saya juga asli arek Jombang kok,” tegas Arif Rofiq.

Sementara itu, ditemui di tempat berbeda, Heri Prasetyo operator Santri Merah Putih menyampaikan bahwa seluruh persiapan untuk pementasan virtual dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional 2020 tersebut sudah siap.

“Kami siap menggelar pertunjukan secara virtual mulai sekitar pukul 19.00 wib,” ujar Herry Prasetyo. (tok/ang)

Berita Terkait

Surabaya
Senin, 27 Juni 2022
27o
Kurs