Senin, 30 November 2020

Hujan Tidak Halangi Pengunjung KBS Nikmati Liburan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Protokol kesehatan tetap dijalankan bagi pengunjung KBS. Meski hujan, pengunjung tetap berdatangan. Foto: Totok suarasurabaya.net

Hujan yang sempat mengguyur kawasan Kebun Binatang Surabaya (KBS), beberapa waktu, Jumat (30/10/2020) siang tidak menghambat pengunjung menikmati keunikan satwa koleksi KBS saat liburan.

Riyantono, 45 tahun, warga Gunung Anyar, mengaku senang bisa kembali mengunjungi KBS setelah sekian lama ditutup dan tidak menerima kunjungan masyarakat akibat pandemi Covid-19. Termasuk saat perayaan Idul Fitri tahun 2020 juga masih belum beroperasional, padahal KBS jadi satu diantara destinasi wisata dalam kota yang diminati.

Kepengen tahu bagaimana perubahan-perubahan selama ditutup itu. Sekarang memang banyak aturannya, tapi itu kan juga untuk kenyamanan pengunjung. Biasanya Idul Fitri bersama keluarga besar kumpul, unjung-unjung, terus lanjut ke KBS. Tahun ini tidak bisa pergi. Covid-19. Makanya, tadi pas gerimis masih di dalam KBS. Seneng lah,” kata Riyantono.

Hujan memang sempat mgngguyur kawasan KBS, tetapi antrian pengunjung di depan pintu masuk seperti tak menghiraukan hujan dan tetap masuk menuju area dalam KBS. Hujan memang tidak lama, lalu reda. Justru sejumlah pengunjung pilih menikmati hujan yang turun mengguyur saat itu.

“Keburu sudah masuk ke KBS. Hujan sekalian. Sekali-sekali main hujan-hujannan di KBS. Ini pertamakali ke KBS setelah ditutup. Biasanya sebulan sekali kami bersama kawan-kawan jalan ke KBS. Soalnya suka lihat satwa dan tempatnya kan adem banyak pohon-pohon besar, dan gak mahal,” ujar Arini Setyanti, seorang mahasiswi.

Selama masa libur panjang atau long weekend pada akhir bulan Oktober ini, Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS, memang telah membuka beberapa fasilitas di dalam KBS yang sebelumnya juga masih ditutup karena pandemi Covid-19. Diantaranya adalah Aquarium, Kid Zone dan tunggang satwa.

Tidak hanya itu, selama masa libur panjang sampai Minggu (1/11/2020) juga dihadirkan petugas yang memberikan bnantuan bagi warga masyarakat yang masih belum menggunakan gadget atau masuk ke surabayazoo.co.id untuk membeli tiket masuk sebagai pengganti pembelian tiket pada loket di KBS.

“Informasinya demikian. Masih banyak warga masyarakat yang akan berkunjung ke KBS ternyata belum masuk ke surabayazoo.co.id. Karena itu kami hadirkan petugas yang membantu pengunjung untuk bisa memesan tiket,” papar Agus Supangkat Humas PDTS Kebun Binatang Surabaya (KBS).

Setelah penutupan sementara KBS oleh karena pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), sederet aturan baru diterapkan demi keamanan dan kenyamanan pengunjung. Termasuk penerapan protokol kesehatan secara ketat bagi pengunjung sebelum masuk lokasi KBS.(tok/tin)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan L300 Tabrak Pembatas Tol Sumo

Hujan Deras di Balonggebang Nganjuk

Kemacetan di Perak Barat

Surabaya
Senin, 30 November 2020
26o
Kurs