Kamis, 4 Maret 2021

Inovasi Desain Custom, Cara Produsen Sepatu Lokal Surabaya Pertahankan Omzet

Laporan oleh Anton Kusnanto
Bagikan
Sepatu lokal Surabaya berinovasi dengan desain custom sesui keinginan pelanggan (Foto : Istimewa)

Pertumbuhan sepatu lokal di Indonesia semakin meningkat seiring gaya hidup memakai sneakers di masyarakat yang juga meningkat. Bahkan Jokowi Presiden mengakui kualitas sepatu lokal dengan memakainya di berbagai kesempatan. Keadaan ini menjadi pemicu produsen sepatu lokal untuk menghadirkan koleksi unik dan berkualitas.

Produsen sepatu lokal dari Surabaya pun tak mau ketinggalan mengambil bagian. Dibanderol dengan nama Ricosta, sepatu asli Surabaya berinovasi melayani pemesanan khusus dengan pilihan desain sesuai keinginan, atau custom.

Andi Cahyono, Founder Ricosta menyatakan permintaan custom dipandang sebagai peluang peningkatan omzet. “Tercatat beberapa perusahaan di Indonesia pernah berkolaborasi dengan Ricosta,” ujarnya. Dia menyebut di antaranya Persebaya, Sampoerna, Miracle Aesthetic Clinic, dan masih banyak lagi. “Tahun ini lebih ditingkatkan lagi pemesanan costum ini, untuk melengkapi pasar retail,” lanjutnya.

Sudah ada selama 30 tahun, Andi Cahyono menceritakan awal Ricosta yang lahir dari passion dan hasil riset tentang sepatu yang ada di pasaran. “Saat itu kita menilai harga sepatu yang ada terlalu mahal dan tidak sesuai dengan bahannya,” ujarnya. Dari sinilah Andi tergerak untuk menciptakan brand lokal dengan ciri khas unik yang bisa dipakai oleh segala tipe orang. Dia percaya sepatu yang digunakan dapat menggambarkan identitas dari tiap penggunanya.

“Setiap koleksi kami kerjakan melalui tahap produksi yang detail dan pengontrolan kualitas yang ketat, mulai dari pembuatan pola, pemotongan, pencetakan, penjahitan, sampai pada tahap pengemasan dan pengiriman,” tambah Andi.

Dari ketelitian dan detil perlakuan inilah, Ricosta berhasil mencuri hati masyarakat di Indonesia dengan omset pembelian yang positif. “Salah satu kekuatan Ricosta adalah pada harga yang lebih murah, namun tetap mempertahankan kenyamanan pemakainya.” ujar Andi.

Selain desain custom yang tahun ini menjadi andalan, Ricosta juga menghadirkan koleksi beberapa kategori dengan memperkuat penjualan online via website maupun melalui e-commerce. Seperti koleksi Men Series dan Women Series yang bisa disatukan untuk pasangan kekasih atau suami istri. Atau koleksi kolaborasi dengan Influencer asal Surabaya yang menghadirkan sepatu dengan tumit 5 cm untuk Wanita.

Andi berharap Masyarakat Indonesia bisa lebih melirik sepatu produksi lokal, karena bagus secara kualitas dan tidak kalah bersaing dengan produksi luar negri. “Ke depan Ricosta juga ingin berkontribusi mengangkat sepatu lokal Surabaya ini ke pasar Internasional,” pungkas Andi. (ton/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Dua Pelanggaran dalam Satu Foto

Atap Ambruk di Rangkah

Berlubang dan Berkubang

Kebakaran Rumah di Wonosari Surabaya

Surabaya
Kamis, 4 Maret 2021
30o
Kurs