Kamis, 28 Maret 2024

Lakukan Ini untuk Cegah Tubuh Melebar Selama Lebaran

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Pixabay

Setelah berpuasa satu bulan penuh, umat Muslim merayakan hari kemenangan yang identik dengan makanan tinggi kalori yang bisa membuat berat badan bertambah tak terkontrol.

“Karena kalau puasa kita sudah menata sedemikian rupa untuk pola makan yang baik,” kata Ira Dwijayanti, S.Gz., M.Sc kepada Radio Suara Surabaya, Minggu (16/5/2021).

Menurutnya, ada beberapa hal yang penting untuk dilakukan terkaait menjaga kebugaran dan makanan yang bergizi selama lebaran.

Seperti mengatur waktu makan, meminum air putih sebelum makan, melengkapi makanan dengan buah-buhan dan sayur-sayuran, porsi yang tidak berlebihan, dan berolahraga.

Membagi waktu makan pagi, siang dan malam juga boleh disertai dengan cemilan-cemilan, namun tetap perlu waspada agar tidak kecolongan.

“Hati-hati, yang banyak kecolongan adalah kue-kue Lebaran. Hanya tiga sampai empat biji nastar saja sudah berapa ratus kilo kalori itu. Jadi kalau mau mengganti kalori itu kita harus memutari lapangan beberapa kali,” jelasnya yang juga sebegai Dosen dan Ahli Gizi di Unusa.

Menurutnya, ini disebabkan karena kue-kue lebaran mengandung banyak tepung dan gula, sehingga perlu diwaspadai.

Hal itu bisa diantisipasi dengan meminimalisir porsi kue lebaran, makan sayur dan buah-buahan serta melakukan olahraga atau aktivitas fisik ringan.

Jika membiarkan pola makan dan porsi makan secara berlebihan, jangka pendeknya bisa menyebabkan overweight, dan jangka panjangnya bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti kolesterol dan hipertensi.(frh/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
31o
Kurs