Kamis, 28 Maret 2024

Pakar: Asupan Nutrisi dan Gaya Hidup Kunci Hidup Sehat Lansia

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Lansia. Foto: Pixabay

Tan Shot Yen, dokter dan ahli gizi masyarakat dari Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara mengemukakan kunci hidup sehat bagi kelompok lanjut usia (lansia) adalah asupan nutrisi dan gaya hidup sehat.

“Ini sangat penting, mengingat penuaan dini di Indonesia telah menjadi fenomena yang lumrah, dengan tanda-tanda seperti kelebihan lingkar pinggang, rambut rontok, kulit kering dan gatal serta banyak lainnya,” katanya dalam webinar yang digelar Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang dilaporkan Antara pada awal Juni 2021.

Tan mengatakan proses penuaan dini maupun penuaan alami dapat menghambat produktivitas dan aktivitas seseorang. Misalnya, banyak lansia yang sudah tidak mampu memasak dan memilih memesan makanan melalui layanan pesan antar.

“Dalam hal ini, tidak ada yang salah. Persoalan akan muncul ketika kandungan, higienitas makanan, dan kebutuhan tubuh jadi tidak terkontrol,” ujarnya.

Tan menyarankan untuk kelompok lansia, mengonsumsi makanan yang dibuat menggunakan bahan-bahan alami. “Lebih baik lagi mengonsumsi makanan yang mendekati bentuk aslinya, bukan hasil olahan secara seimbang,” katanya.

Sementara menurut dia, makanan yang diproses dan ditambahkan food additives, seperti gula, garam, lemak, perisa, penguat rasa, dan lain sebagainya agar dihindari.

Cara paling sederhana menilai makanan sehat menurut Tan, selain mendekati bentuk aslinya adalah yang tidak dipromosikan.

Untuk itu dibutuhkan peran anggota keluarga dan remaja untuk bisa mengedukasi lansia dalam memilih makanan.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
31o
Kurs