Jumat, 29 Maret 2024

Penyebab Jerawat di Usia 30-an dan 40-an

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi seorang wanita dengan jerawat di wajahnya. Foto: Pixabay

Jerawat adalah salah satu masalah paling umum yang dihadapi oleh pria dan wanita, bahkan di usia 30-an dan 40-an tetap dapat memilikinya.

Penyebab jerawat bisa beragam mulai dari hormon, stres, diet hingga makanan. Akan tetapi, banyak orang yang percaya bahwa jerawat hanya akan muncul di usia remaja hingga 20-an.

Hal tersebut tidaklah benar, bahkan orang-orang khususnya wanita di usia 30-an dan 40-an tetap dapat memiliki jerawat. Menurut dokter kulit Dr. Aanchal Panth dari India, penyebab ini bisa terjadi karena berbagai alasan.

“Kami mendapatkan semakin banyak wanita di usia 30-an dan 40-an yang berjerawat untuk pertama kalinya. Tidak ada penyebab tunggal tetapi biasanya multifaktorial,” ujar Dr. Panth dilansir Indian Express, Kamis (30/12/2021).

 

Ketidakseimbangan hormon

Menurut Dr. Panth, riwayat menstruasi yang terperinci sangat penting. Ketidakseimbangan hormon pada wanita dapat memicu jerawat bahkan di usia 30-an dan 40-an.

 

Stres

Ini adalah fakta yang diketahui bahwa stres memanifestasikan dirinya pada kulit dalam berbagai cara, salah satunya adalah jerawat.

“Semua jenis stres dapat memperburuk kondisi kulit termasuk jerawat,” kata Dr. Panth.

 

Paparan sinar matahari berlebih

Sangat penting untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Paparan sinar matahari yang berlebihan disebut dapat memicu erupsi jerawat baru. Oleh karenanya jangan lupa untuk menggunakan tabir surya.

 

Obesitas dan peningkatan kolesterol

Diet memainkan peran utama dalam menentukan kesehatan kulit. Peningkatan kolesterol dan obesitas telah dikaitkan dengan perkembangan jerawat dewasa yang resisten.

 

Kelebihan asupan gula dan susu

Dr. Panth menyarankan menghindari gula dan susu dalam kasus jerawat. Sebab, gula dan susu dapat meningkatkan faktor pertumbuhan seperti insulin (IGF) dalam tubuh.

IGF merangsang kelenjar pembentuk minyak untuk membuat lebih banyak minyak dan itu memperburuk jerawat.(ant/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs