Jumat, 19 April 2024

Artemis I Terancam Gagal Meluncur Lagi karena Masalah Cuaca

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Roket Space Launch System yang akan meluncur ke bulan dalam proyek Artemis I yang diinisiasi NASA. Foto: NASA

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menghadapi tantangan baru dalam meluncurkan Artemia I karena masalah cuaca.

Antara mengutip laporan The Verge, Sabtu (24/9/2022), masalah cuaca yang dimaksud tersebut adalah badai yang dikenal dengan nama Tropical Deppresion Nine.

Badai ini berkembang di kawasan Karibia dan berpotensi menjadi badai besar, di mana salah satu lintasannya adalah daerah Florida yang menjadi pusat luar angkasa Kennedy tempat peluncuran Artemis I.

Dalam prakiraan cuaca setempat, hanya ada kemungkinan kecil yaitu 20 persen untuk Artemis I bisa menghindar dari badai tersebut.

Sisanya kemungkinan besar cuaca tidak akan bersahabat dan mungkin saja proyek peluncuran Artemis akan ditunda hingga cuacanya kembali membaik.

NASA sebenarnya sudah menyiapkan jadwal cadangan untuk Artemis I dapat meluncur jika pada 27 September peluncuran gagal dilakukan, yaitu di tanggal 2 Oktober 2022.

Seperti diketahui, Artemis I sudah dua kali gagal meluncur dari waktu yang dijadwalkan. Pertama yaitu pada Senin (29/8/2022) karena masalah pendinginan mesin sehingga harus diundur pada Sabtu (3/9/2022) lalu. Namun penjadwalan peluncuran untuk yang kedua kalinya ini kembali gagal karena disebabkan oleh kebocoran yang menunda pengisian bahan bakar.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs