Senin, 23 Mei 2022

Desainer Muda Surabaya Usung Tenun Gedog Tuban ke Paris Fashion Week 2022

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Beberapa rancangan busana dengan material kain Tenun Gedog Tuban karya siswa LaSalle College yang akan dibawa ke Paris Fashion Week 2022. Foto: Totok suarasurabaya.net

Desainer muda Kota Surabaya menampilkan sejumlah rancangan busana berbahan kain Tenun Gedog Tuban ke kancah fashion internasional yakni Paris Fashion Week 2022 pada Maret 2022 mendatang.

Para desainer muda ini adalah siswa LaSalle College yang memang secara khusus menekuni desain busana. Sepuluh desainer muda ini mendapat kehormatan untuk menampilkan karya mereka di ajang fashion bergengsi yang setiap tahun rutin digelar di Paris, Prancis.

Sengaja dipilih kreasi busana dengan bahan kain Tenun Gedog Tuban lantaran wastra asli Nusantara ini sangat menarik sekaligus unik, tetapi belum banyak dikenal masyarakat. Khususnya masyarakat internasional. Kain tenun yang masih diproduksi secara tradisional ini merupakan satu di antara warisan seni tradisi yang sangat luar biasa. Lewat tangan terampil perajin Tenun Gedog Tuban diharapkan keberadaan wastra nusantara ini semakin bersaing di kancah internasional.

“Ada sepuluh karya kreasi yang akan dibawah ke Paris. Seluruhnya menggunakan bahan kain Tenun Gedog Tuban. Tidak hanya itu, pada setiap karya tersebut juga memiliki konsep cerita klasik atau folklore khas Indonesia,” terang Angel Wina mewakili para desainer muda LaSalle College, Kamis (27/1/2022).

Konsep cerita klasik atau folklore yang ditampilkan di antaranya adalah Nyi Roro Kidul, Keong Mas, Bawang Merah Bawang Pjtih, Ken Dedes dan Jaka Tarub. “Konsep cerita ini juga ditampilkan sebagai bagian kekayaan folklore dan budaya Indonesia,” tambah Angel. Diharapkan tidak hanya kain Tenun Gedog Tuban saja yang nanti dikenal tetapi juga kisah-kisah asli nusantara juga dikenal secara luas.

Kain Tenun Gedog Tuban sampai saat ini belum banyak dikenal. “Kain khas Tuban ini dibuat dengan tangan secara tradisional. Karena itu kain Tenun Gedog Tuban sangat bernilai. Kami berharap kain Tenun Gedog Tuban ini dilirik dan dikenal masyarakat secara internasional. Ini juga bentuk pelestarian kekayaan budaya Indonesia yang jumlahnya sangat luar biasa. Beberapa kain Tenun Nusantara sudah dikenal di pasar internasional, dan kami ingin membawa Tenun Gedog Tuban ini juga agar dikenal luas di pentas internasional,” tegas Angel.

Seluruh persiapan menuju Paris Fashion Week 2022 terus dilakukan para desainer muda Kota Surabaya ini. Mereka adalah, Yavica Sasky, Wenda Mamatha, Safana Noor, Miracgael Angelina, Michele Gela, Mariesa Zahra, Mega Agustine, Jennise Quinn, Angela Joe dan Angel Wina.

“Persiapan sudah kami lakukan, termasuk untuk seluruh karya yang dibuat masing-masing desainer,” pungkas Angel. (tok/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Senin, 23 Mei 2022
30o
Kurs