Minggu, 22 Mei 2022

Mengamati Tren Fesyen 2022, Mulai dari Kasual Inspirasi Alam Hingga Aksesoris Mutiara

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi pakaian kasual wanita.

Awal tahun 2022 menawarkan berbagai hal menarik, khususnya para pecinta fesyen yang selalu menunggu apa yang tren selanjutnya.

Dalam survei berjudul “Indonesia in 2022: Looking at Fashion Trends & Economy Revival”, Populix menyajikan data bahwa sebagian orang memiliki kenyamanan sebagai pertimbangan utama dalam berpakaian pada tahun 2022. Mereka juga memilih berpakaian sederhana dan kasual.

Baca juga: Sederhana dan Kasual Jadi Tren Fesyen 2022

Hal itu juga dibenarkan oleh Imami Arum Tri Rahayu Dosen Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Menurutnya, pandemi yang membuat lebih banyak orang beraktifitas di rumah membuat tren day wear banyak diminati.

Pakaian ini lebih longgar dan mudah menyerap keringat. Sehingga menjadi pakaian yang dapat digunakan beraktifitas baik di rumah maupun luar rumah.

“Karena pengaruh WFH ya, jadi memang dibutuhkan busana yang bisa dipakai di rumah sekaligus untuk bekerja. Istilahnya day wear, yang menyerap keringat dan longgar,” kata Imami kepada Radio Suara Surabaya, Rabu (26/1/2022).

Ia menyebut, tren internasional saat ini bertema spring summer seperti mini skirt atau rok mini yang dipadukan dengan atasan jaket, jas atau blazer, dengan warna yang sama. Begitu juga baju inspirasi yang berbahan rajut.

“Warnanya kromatik, warna terang seperti hijau, oranye. Renda-renda yang memberikan efek feminim juga sedang tren di 2022,” ujarnya.

Selain itu, fesyen 2022 juga akan banyak dipengaruhi oleh alam, dengan memadukan warna-warna alam dengan digital. Fesyen di 2022 juga akan banyak menggalakkan baju ramah lingkungan, sekaligus untuk mencegah sikap konsumtif masyarakat dengan cara memadu padankan baju yang ada.

Tema yang diusung pun juga tentang eksplorasi dalam busana yang menggunakan prinsi 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle).

“Kalau bicara tren ada tim forcasting Indonesia, tema 2022 adalah eksplorasi. Memadukan dunia-dunia baru, padu padan modern dengan alam. Misal warna alam dengan motif digital seperti tiga dimensi, abstrak, hologram, blur,” paparnya.

Untuk tema asesoris di 2022, Imami menyebut mutiara akan menjadi tren untuk fesyen perempuan. Sedangkan untuk laki-laki adalah baju bercorak klasik dengan motif garis.

“Tren 2022 lebih ke mutiara-mutiara akan jadi tren, tapi tetap kasual. Untuk laki-laki motif garis klasik tetapi lebih ke variasi warna dan lebar kecil garisnya. Ini seperti motif-motif yang sudah berjalan saat ini,” ungkapnya.(tin/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Minggu, 22 Mei 2022
25o
Kurs