Jumat, 14 Juni 2024

Lukisan Karya SBY Turut Meriahkan PSLI ke-13 di Surabaya

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Lukisan karya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Presiden ke-6 Republik Indonesia yang dilukis dari hasil potret Ani Yudhoyono istrinya dan dipamerkan di Pasar Seni Lukis Indonesia di Jatim International Expo Jalan Ahmad Yani no. 99 Surabaya, Jumat (18/11/2022). Foto: Redhita suarasurabaya.net

Sebanyak 19 lukisan karya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Presiden ke-6 Republik Indonesia turut meriahkan Pasar Seni Lukis Indonesia (PSLI) ke-13 tahun 2022 di Jatim International Expo Jalan Ahmad Yani No. 99 Surabaya.

Johar Arifin Staf SBY mengatakan, sebanyak 19 lukisan itu, tujuh di antaranya adalah lukisan asli dan sisanya merupakan printed atau cetakan eksklusif di kanvas.

“Yang dipajang hanya sebagian kecil, lukisan beliau banyak,” ujarnya saat ditemui suarasurabaya.net, Jumat (18/11/2022).

Dia melanjutkan, SBY ikut kegiatan ini karena ada undangan dari panitia untuk dapat berpartisipasi memeriahkan acara tersebut.

“Beliau diundang oleh panitia untuk bisa berpartisipasi memeriahkan acara ini. Alhamdulillah responnya baik, sekarang pun bapak monitor ini kegiatan. Setiap kali kita laporan ke beliau situasinya, pengunjungnya dan lain-lain,” ungkapnya.

Johar menuturkan, persiapan untuk mengikuti PSLI ke-13 ini sudah dilakukan sejak hari Rabu (16/11/2022).

“Persiapannya berangkat dari Jakarta tanggal 16 pagi, kita bawa kendaraan mobil box dari Cikeas untuk mengangkut semua lukisan ini,” kata Johar.

Selain itu dia juga mengatakan bahwa lukisan SBY terinspirasi dari hasil jepretan pribadinya.

“Memang semua kebanyakan saat ini lukisan pemandangan. Beliau kadang terinspirasi dari fotonya sendiri, tetapi setelah di dalam kuas kanvas menjadi ekspresi seni beliau sendiri,” tuturnya.

“Melukis menjadi kegiatan Bapak SBY setelah Ibu Ani berpulang. Bagi beliau melukis juga sebagai proses healing, melukis itu menimbulkan kebahagiaan,” katanya.

Kemudian Johar menunjukkan salah satu lukisan SBY yang terinspirasi dari hasil jepretan sang istri yang berjudul “Raja Rimba”.

“Kalau kunjungan ke mana-kemana beliau juga membawa perlengkapan lukis. Bahkan kemarin dari Jerman itu, di sana melukis. Kunjungan ke Pacitan, di Pacitan juga melukis. Waktu di Amerika dulu ketika beliau berobat, di sana juga melukis,” ujar Johar.

Sebanyak 130 stan dengan ratusan pelukis yang berasal dari berbagai daerah berpartisipasi dalam kegiatan Pasar Seni Lukis Indonesia di Jatim International Expo Jalan Ahmad Yani no. 99 Surabaya, Jumat (18/11/2022). Foto: Redhita suarasurabaya.net

Johar berharap dengan adanya PSLI ke-13 lukisan SBY dapat diapresiasi oleh masyarakat.

“Mudah-mudahan sukses semua. Lukisan Bapak bisa diapresiasi oleh masyarakat,” kata Johar Arifin Staf SBY.

Sebagai diketahui PSLI digelar di Jatim Expo Surabaya mulai tanggal 18-27 November 2022 mendatang. Pameran tersebut memamerkan lebih dari 3.000 karya terbaru dari 220 pelukis yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.(gat/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Jumat, 14 Juni 2024
26o
Kurs