Selasa, 5 Juli 2022

Makanan Khas Bali, Rasanya Unik dan Berani Bumbu

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Sajian Menu khas Bali halal ini terdiri, sate lilit, potongan ayam giling, lawar dan dua jenis sambal. Foto: Manda Roosa suarasurabaya.net

Hari ini umat Hindu merayakan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944. Mayoritas penduduk beragama Hindu di Indonesia tinggal di pulau Bali yang terkenal karena kebudayaan Hindunya, pemandangan alamnya dan pastinya kuliner tradisonalnya yang selalu menggoda selera.

Makanan khas Bali kaya akan rempah yang membuat sajian ini berbeda dengan daerah lain di Indonesia.  Evelyn Suryajaya pemilik resto khas Bali versi halal di kawasan Manyar mengungkapkan jika makanan khas Bali memiliki ciri khas dari rasa bumbunya yang kuat dan tajam.

“Masakan khas Bali berani bumbu. Seperti yang sudah dikenal beberapa kuliner khas Bali di antaranya ayam betutu, lawar, sate lilit, dan lain-lain,” jelasnya kepada suarasurabaya.net.

Evelyn mengatakan dalam pembuatan kuliner khas tersebut selain menggunakan bumbu lengkap, proses pembuatannya juga lama agar rempah-rempah tersebut meresap sempurna.

“Misalnya untuk olahan ayam guling  agar rasa tetap otentik, tetap menggunakan rempah yang digunakan dalam babi guling, yang dimarinasi selama delapan jam,” kata Evelyn yang mengganti daging babi dengan ayam potong agar masyarakat Surabaya bisa menikmati hidangan khas Bali halal.

Menu popular khas Bali adalah sate lilit. Ini merupakan variasi sate dalam khazanah kuliner Bali. Sate lilit  bisa menggunakan ikan ataupun  dari daging ayam cincang, dibumbui dililit pada tusukan bambu kemudian dipanggang di atas arang.

“Dengan ramuan rempah khas Bali,  daging ini kemudian dililit atau membungkus, jadi rempahnya menyatu sehingga Ketika dibakar aroma  wangi,” ujarnya.

Untuk pelengkap ayam guling, sate lilit selalu disertakan lawar. Hidangan ini sekilas mirip seperti urap-urap terbuat dari campuran sayuran, kelapa, berbaur dengan bumbu dan rempah-rempah yang kaya rasa.

“Lawar ini selalu dapat ditemui di warung sampai restoran di Bali. Karena kami konsepnya menu halal maka bahan utamanya sayur, parutan kelapa dan bumbu saja,” jelasnya.

Menu khas Bali ini biasanya disajikan menjadi satu bersama nasi putih, sudah ada potongan ayam guling, sate lilit dan lawar. Sebagai tambahan kata Evelyn juga kulit ayam crispy dan sambal matah. (man/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Selasa, 5 Juli 2022
27o
Kurs