Jumat, 19 April 2024

Pie Daun Miana, Olahan Sehat dan Bebas Kolesterol

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Miana and Analogue Meatball Savory Pie menjadi contoh cemilan sehat bebas kolesterol. Foto : Dokumen suarasurabaya.net

Miana atau tanaman dengan nama latin Coleus Blumei merupakan tanaman herba yang biasa dibudidayakan sebagai tanaman hias. Ternyata, tak sekadar dipajang sebagai tanaman hias, daun miana di tangan Gladys Triana Tanri, mahasiswa Ottimmo Internasional bisa diolah menjadi snack sehat.

Melalui tugas akhir research and developmentnya, Gladys membuat sebuah inovasi dari daun miana menjadi cemilan dengan nama, Miana and Analogue Meatball Savory Pie.

“Saya membawa potensi dari kampung asal saya dari Sulawesi Selatan, di mana daun miana tumbuh dengan subur dan sering dikonsumsi oleh masyarakat di sana,” jelas Gladys soal ide awal membuat kue ini, kepada suarasurabaya.net, Kamis (30/6/2022).

Gladys mengatakan jika di kampung asalnya tanaman ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mulai dari wasir, demam sampai asma. “Air rebusan daun miana yang biasanya digunakan untuk obat,” jelasnya.

Gladys membuat sebuah inovasi dari daun miana menjadi cemilan sehat untuk tugas akhir research and developmentnya, Kamis (30/6/2022). Foto : Manda Roosa suarasurabaya.net

Gladys membuat inovasi dengan membuat pie yang tadinya biasa saja, menjadi pie sehat karena di buat dari daun miana. Untuk tahap awal, daun miana diremas dengan garam baru kemudian direbus. Setelah ditiriskan dan dipotong, daun miana siap dicampur dengan bahan lainnya, seperti bubuk bawang putih, lada dan oregano.

“Untuk isiannya, dicampur dengan kedelai serta jamur shintake yang diolah sehingga menyerupai daging,” ujarnya.

Bahan ini dicampur kemudian diberi adonan susu almond dan putih telur dengan taburan daun bawang. Pie ini lalu di-oven, dan siap dihidangkan. Olahan savory pie ini, lanjut Gladys juga bebas kolesterol.

“Tidak ada kandungan gula dan semua menggunakan bahan nabati bahkan kejunya, juga keju yang terbuat dari kacang mete. Sehingga semua bisa menikmati termasuk penderita diabetes,” pungkasnya.(man/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs