Sabtu, 20 April 2024

Vitamin dan Nutrisi Terbaik untuk Halau Influenza

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Ilustrasi. Foto: meetdoctor.com

Cuaca tidak menentu seperti hujan yang tiba-tiba mengguyur dengan deras, lalu berhenti dan berganti teriknya panas matahari, membuat daya tahan tubuh melemah dan mudah terserang flu.

Berikut adalah sejumlah vitamin yang cocok untuk dikonsumsi saat cuaca pancaroba semacam ini, seperti dikutip dari Antara dilaporkan CNet pada Sabtu (1/10/2022). Vitamin ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh menghadapi cuaca yang berubah-ubah.

Vitamin C

Vitamin C dikenal mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Saat kekurangan vitamin C, tubuh menjadi lebih mudah terserang penyakit menular dan infeksi.

Kaum perempuan dianjurkan mengonsumsi vitamin C 75mg per hari, sementara laki-laki dianjurkan setidaknya 90mg per hari.

Selain suplemen, sumber vitamin C dapat ditemukan pada jeruk, brokoli, stroberi, paprika, bayam serta kale.

Vitamin B6

Vitamin B6 memproduksi sel darah merah dan putih yang membantu menjaga tubuh dari penyakit menular termasuk influenza.

Selain suplemen, vitamin B6 bisa didapatkan dengan mengonsumsi unggas, ikan laut dalam seperti tuna dan salmon, pisang, serta kacang polong. Beberapa sereal yang dijual di supermarket kini juga sudah terfortifikasi dengan vitamin B6.

Vitamin E

Vitamin E meningkatkan sistem imun tubuh dan mengurangi risiko terpapar infeksi dengan mengonsumsi kacang kedelai, kacang tanah, minyak serta biji bunga matahari, sayuran hijau, kacang almond, labu dan alpukat.

Vitamin D

Jenis vitamin ini bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah infeksi akibat penyakit menular.

Vitamin D bisa diperoleh melalui suplemen, serta sejumlah bahan makanan seperti hati sapi, minyak ikan kod, serta ikan sarden.

Polifenol

Sejumlah nutrisi juga penting untuk dikonsumsi demi menghalau influenza. Komponen yang berasal dari tanaman ini mampu mengatur sistem imunitas tubuh, sehingga mempermudah tubuh untuk mengatasi infeksi akibat penyakit menular. Hampir semua sayur dan buah mengandung polifenol. Oleh sebab itu penting memasukkan sayur dan buah ke dalam konsumsi harian.

Beta-karoten

Nutrisi lainnya adalah beta-karoten yang menyebabkan buah memiliki semburat warna merah dan oranye seperti ubi, wortel, tomat, mangga, hingga bit.

Untuk mempercepat proses penyembuhan influenza, penting untuk mengonsumsi banyak makanan bernutrisi dan bervitamin.

Dua nutrisi penting yang dapat mempercepat proses pemulihan adalah zinc dan vitamin C.

Zinc adalah nutrisi yang sangat penting untuk membantu tubuh dalam memerangi infeksi. Sementara vitamin C dianjurkan untuk dikonsumsi 100mg per hari atau kadarnya disesuaikan dengan kondisi tubuh.(ant/red/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs