Jumat, 29 Maret 2024

5 Destinasi Wisata yang Bisa Dikunjungi di Sela Kegiatan Haji

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Jemaah haji di Makkah, Arab Saudi. Foto: Antara

Jemaah haji gelombang I telah berangkat ke Kota Madinah, Arab Saudi pada 24 Mei 2023. Jemaah haji lain akan menyusul dengan pemberangkatan gelombang II yang akan dimulai pada 8 Juni 2023. Laman Kemenag.go.id pada Senin (29/5/2023) menyebutkan total kuota haji Indonesia tahun 2023 sebanyak 221 ribu.

Kementerian Agama telah menentukan jadwal ibadah haji para jemaah haji. Di luar ibadah haji dan umrah, jemaah haji bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata di Arab Saudi. Berikut rekomendasi destinasi wisata yang bisa dikunjungi dilansir dari berbagai sumber.

1. Gua Hira

Gua Hira
Gua Hira yang terletak di puncak jabal Nur Foto: Nu.or.id

Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama di Gua Hira. Dilansir dari NU.or.id, Senin (29/5/2023) diriwayatkan Nabi Muhammad SAW memilih tempat ini untuk merenung sepanjang bulan Ramadan. Gua dengan lebar kurang lebih 1,6 meter, dalam 3,7 meter dan tinggi 3 meter ini tepatnya berada di puncak Jabal Nur, yaitu sebuah gunung yang terletak di Kawasan Hejazi, Mekah. Untuk mencapai Gua Hira, perlu waktu satu jam mendaki Jabal Nur.

2. Jabal Rahmah

Jabal Rahmah
Jemaah haji mengunjungi Jabal Rahmah Foto: Nu.or.id

Jika Gua Hira menjadi saksi bisu kisah Nabi Muhammad SAW, Jabal Rahmah merekam banyak kisah para nabi, dimulai dengan cerita bersejarah Nabi Adam AS. Dilansir dari NU.or.id, Senin (29/5/2023), tempat ini dipercaya menjadi lokasi bertemunya Nabi Adam AS dan Hawa setelah sekian lama terpisah.

Jabal Rahmah juga menjadi saksi sejarah pengorbanan Nabi Ibrahim AS yang diminta Tuhan untuk menyembelih anaknya. Ayat Al-Quran yang terakhir yaitu Al-Maidah Ayat 3 juga turun di Jabal Rahmah. Momentum turunnya ayat tersebut adalah saat Nabi Muhammad mengabarkan kesempurnaan Islam kepada umatnya.

Jarak Jabal Rahmah kurang lebih 2 kilometer dari perkemahan di Arafah. Bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama 15 menit.

3. Benteng Al-Masmak

Benteng Al-Masmak
Potret tampak depan benteng Al-Masmak Foto: Antara

Wisata benteng Al-Masmak terletak di tengah Kota Riyadh. Benteng yang dibangun sejak abad ke-19 ini menjadi museum penyimpanan benda kuno peninggalan kerajaan Arab. Dilansir dari Antara, Senin (29/5/2023), benteng ini menjadi saksi sejarah penaklukan Kota Riyadh dari Dinasti Al-Rasyid oleh Dinasti Al-Saud pada tahun 1902. Untuk tiket masuk benteng ini tidak dipungut biaya.

4. Gua Tsur

Gua Tsur
Foto: Bpkh.go.id

Gua Tsur menjadi tempat persembunyian Nabi Muhammad SAW dari orang-orang Quraisy. Dilansir dari NU.or.id, Senin (29/5/2023), Abu Bakar menemani Nabi Muhammad SAW selama bersembunyi, serta bekerjasama dengan Abdullah putranya untuk mengirim makanan. Nabi Muhammad SAW berada di Gua Tsur selama tiga hari, untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Madinah dengan menunggangi unta. Gua ini terletak di 4 K=kilometer dari Kota Mekkah.

5. Al Kiswa Factory

Al Kiswa Factory
Proses pembuatan kain penutup Ka’bah di Al Kiswa Factory Foto: Almosafer.com

Al Kiswa Factory merupakan lokasi pembuatan kain hitam penutup Ka’bah. Al Kiswa Factory sendiri terletak 17 Kilometer dari pusat Kota Mekah. Di tempat ini pengunjung dapat langsung melihat proses pemintalan benang emas untuk dijadikan kain penutup Ka’bah. (put/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs