Senin, 17 Juni 2024

6 Tips Mencegah Kulit Berminyak Jadi Kering Akibat Cuaca Panas Surabaya

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Ilustrasi seorang wanita sedang melakukan perawatan kulit. Foto: Freepik

Cuaca panas Kota Surabaya bisa memberi efek buruk pada kulit jika tidak diimbangi dengan tindakan perawatan yang tepat.

Dokter Shinta Dewi RS spesialis dermatologi dan venereologi yang praktik di salah satu rumah sakit Surabaya menyebut, pasien dengan keluhan kulit kering di Surabaya pun meningkat 30 persen imbas suhu udara rata-rata di atas 30 derajat celcius setiap harinya.

“Setiap hari dua sampai tiga pasien dengan keluhan-keluhan kulit kering. Sebulan terakhir ini pasien meningkat. Keluhannya kulit kering dan eksim (peradangan kulit) muncul. Sebelumnya jarang keluhan ini muncul. Peningkatan sekitar 30 persen,” katanya.

Gejala-gejala yang dikeluhkan mulai kulit kering, bersisik, serta kulit telapak kaki, dan bibir pecah pecah. Ada pula keluhan kulit berminyak menjadi kering saat cuaca panas.

“Orang jerawatan yang biasanya kulitnya berminyak, sudah pakai skincare yang biasanya digunakan mereka tetap bisa kering kulitnya. Apalagi orang dengan kulit kering, makin kering banyak yang mengeluh kulit bersisik,” tuturnya.

Kondisi itu bisa terjadi, karena cuaca panas akan membuat kulit mengalami penguapan dan mengakibatkan kering.

Ada enam cara perawatan yang bisa dilakukan demi mencegah kulit kering, beber Shinta.

Pertama, minum air putih minimal dua liter per hari.

Kedua, memakai sabun ber-ph netral dan berpelembab. Bisa memakai sabun bayi yang sudah dilengkapi pelembab atau sabun lainnya.

“Ketiga, setelah gunakan sabun langsung dikeringkan jangan menunggu terlalu lama,” sebutnya.

Keempat, kulit harus selalu diolesi pelembab atau hand body.

“Untuk pemilihan hand body juga harus berhati-hati, pilih produk tanpa pewangi dan pewarna karena dua campuran bahan itu juga bisa menyebabkan iritasi. Pilih pelembab yang banyak mengandung ceramide,” terangnya.

Kelima, saat berpergian keluar rumah siang hari, wajib memakai tabir surya atau sunscreen, untuk menangkal radikal bebas dari sinar matahari.

Terakhir, selain menjaga kelembapan kulit dengan skincare atau perawatan luar, Dokter Shinta juga menyarankan, menjaga kelembapan kulit dari dalam. Caranya dengan rajin mengonsumsi vitamin C dan E.

“Jadi terutama vitamin C bisa melawan radikal bebas dari sinar matahari, untuk melembabkan kulit dari dalam. Karena kulit kering yang disebabkan radikal bebas tidak hanya diwajah tapi seluruh tubuh,” tandasnya. (lta/saf/iss)

Berita Terkait

Tips Atasi Kulit Kering Saat Puasa


..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
31o
Kurs