Rabu, 8 Mei 2024

Awas, Sakit Kepala Berkelanjutan Bisa Dipicu Gangguan Sistem saraf

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi seorang wanita sedang menghadapi stress. Foto: Freepik

dr. Aryandhito Widhi Nugroho Dokter spesialis saraf mengatakan sakit kepala yang berlanjut atau nyeri tulang belakang yang tidak membaik dapat disebabkan oleh berbagai masalah dalam sistem saraf, baik itu di pusat maupun tepi.

Melansir Antara, Dhito menjelaskan, berbagai gangguan saraf dapat juga disebabkan oleh masalah vaskuler atau pembuluh darah, tumor, fungsional, maupun kelainan di luar sistem saraf.

Dia lalu menyarankan masyarakat secepatnya berkonsultasi ke dokter apabila mengalami gejala lain seperti kelemahan tangan dan kejang kemudian gangguan memori.

“Kadang-kadang ada gejala-gejala seperti gangguan kesehatan jiwa, ternyata penyebabnya bisa saja kelainan di otak yang bisa diperbaiki. Jadi, tidak melulu satu kondisi mental atau kondisi psikis saja, bisa periksa ke kami,” ujar Dhito, Kamis (9/7/2023).

Pertolongan yang bisa dilakukan tenaga medis bergantung kepada kelainan yang dialami pasien. Dhito mengatakan teknik pertolongan pertama ABC, yang merupakan akronim dari airways control (jalan napas), breathing control (bantuan napas) dan circulation (bantuan sirkulasi) juga bisa diterapkan kepada pasien dengan gangguan saraf.

Teknik ABC merupakan pertolongan pertama seseorang ketika menghadapi keadaan gawat darurat untuk menyelamatkan nyawanya.

Ketika ditanya terkait masalah saraf yang kebanyakan ditemui saat praktik, Dhito mengatakan terkait dengan keluhan tulang belakang dan trauma (kecelakaan), baik itu cedera otak maupun tulang belakang.

Saat ini di sejumlah rumah sakit termasuk tempatnya praktik tersedia layanan gangguan-gangguan terkait sistem saraf misalnya mengobati trauma seperti cedera kepala atau cedera tulang belakang.

“Hal ini dapat kita nilai apakah pasien ini dapat kita tangani secara pengobatan terlebih dahulu atau sudah membutuhkan pelayanan pembedahan atau operasi,” pungkas Dhito. (ant/dvn/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
28o
Kurs