Minggu, 5 Mei 2024
Libur Lebaran 2023

Ramai Wisatawan, Perahu Kalimas Tambah 200 Kuota Setiap Hari

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Suasana penumpang saat berada di Wisata Perahu Kalimas Surabaya, pada Minggu (23/4/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Selama libur lebaran tahun 2023, objek wisata di kawasan sungai Kalimas Surabaya, yakni Wisata Perahu Kalimas menambah kuota sebanyak 200 penumpang setiap harinya.

Muhammad Damanhuri juru motor sekaligus bagian Keamanan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengelolaan Obyek Wisata menjelaskan, 200 kuota tambahan itu masing-masing 100 penumpang untuk jam sore dan 100 penumpang untuk jam malam.

“Sebelumnya kuota sore 400 dan kuota malam 400, sekarang masing-masing menjadi 500. Jadi, kuota sehari yang sebelumnya 800, sekarang totalnya jadi 1000 penumpang,” ucapnya kepada suarasurabaya.net di lokasi wisata perahu Kalimas, Kec. Genteng, Minggu (23/4/2023).

Damanhuri mengatakan, untuk jam operasional sore dimulai pada pukul 15.00 hingga 17.00 WIB, sedangkan untuk jam operasional malam dimulai pada pukul 18.00 hingga 21.00 WIB.

Sementara untuk rute wisata perahu, ia menyebut terdapat dua rute, yakni rute pertama, dari Monumen Kapal Selam menuju ke Taman Prestasi, dan rute kedua, dari Taman Prestasi menuju ke Museum Pendidikan, yang masing-masing kembali ke lokasi awal untuk turunnya.

“Untuk armada sendiri, di libur lebaran ini kita siapkan enam, kalau kemarin waktu masih puasa ada tiga sampai empat, sekarang nambah karena pengunjungnya lebih banyak,” ungkapnya.

Masyarakat yang mengantre untuk naik perahu di Wisata Perahu Kalimas Surabaya, pada Minggu (23/4/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Lebih lanjut, untuk keamanan penumpang, tim yang bertugas telah menyediakan jaket pengaman badan saat naik perahu.

Damanhuri juga mengungkapkan selama momen libur lebaran ini, masyarakat yang datang bukan hanya dari Surabaya saja, tapi juga luar Surabaya.

“Ada yang dari Jakarta, ada juga dari Gresik, Malang, tapi yang paling banyak dari Surabaya sendiri, karena sekarang ini kan juga libur sekolah, jadi ramai mulai sore sampai malam,” ujarnya.

Sebagai informasi, untuk harga tiket setiap rute berbeda. Rute Monkasel-Taman Prestasi dipatok dengan harga Rp10.000, sedangkan rute Taman Prestasi-Museum Pendidikan dipasang harga Rp4000.

Kemudian untuk pemesanannya dilakukan secara online, yakni dengan masuk ke websitenya tiketwisata.surabaya.go.id terlebih dahulu.(ris/wld)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
31o
Kurs