Senin, 29 April 2024

Masyarakat Surabaya Bisa Nikmati Makan di Atas Perahu Permanen di Sungai Kalimas

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Beberapa tempat makan mirip perahu permanen yang segera diaktifkan di dermaga Taman Prestasi, Senin (23/1/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga, serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya terus mempercantik wisata perahu susur Sungai Kalimas. Salah satunya, menambahkan perahu permanen untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Wiwiek Widayati Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga, serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya menyebut ada beberapa unit yang sudah disiapkan. Selain untuk armada penumpang, juga sebagai tempat UMKM, dan tempat makan wisatawan.

“Sekarang ditambah selain perahu, tapi tempat untuk UMKM ada 5, tempat makan ada 5, perahu hilir mudik tambah 5 juga,” kata Wiwiek, Senin (23/1/2023).

Ketersediaan itu akan menambah jumlah perahu yang ada saat ini sebanyak 13 armada.

Pantauan suarasurabaya.net, beberapa unit perahu permanen itu terletak di dermaga Taman Prestasi dekat Sentra Wisata Kuliner (SWK).

“Depan SWK Taman Prestasi akan dibuka di bawah tempat makan tapi di atas perahu. Di sisi utara ada kedai UMKM di perahu,” imbuhnya.

Nantinya, wisatawan bisa memilih lokasi makan tidak hanya di dalam SWK tapi di atas perahu.

“Perahu tidak jalan, stay. Orang makan tinggal pilih di atas SWK atau di bawah dengan situasi air. (Sekarang) masih disiapkan dermaganya,” tambah Wiwiek.

Selain itu, penambahan armada perahu juga mendukung perpanjangan rute.

“Kita lebih banyak penguatan, seperti wisata susur Sungai Kalimas. Susur Kalimas kita tambah rute sampai panjang, sampai Peneleh, tidak lagi sampai Siola,” pungkasnya. (lta/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs