Minggu, 5 Mei 2024

Studi: Olahraga Pagi Efektif untuk Program Penurunan Berat Badan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi olahraga lari (jogging). Foto: Alodokter

Studi Jurnal Obesity menyatakan olahraga dengan tujuan mendapatkan kebugaran dan menurunkan berat badan bisa dilakukan di waktu tetentu.

Dalam siaran Medical Daily yang dikutip Antara, Sabtu (23/9/2023), olahraga di pagi hari berpotensi menghasilkan indeks massa tubuh yang lebih rendah dan lingkar pinggang yang lebih ramping, jika dibandingkan rutinitas olahraga siang atau malam hari.

Untuk sampai pada temuan ini, para peneliti mengumpulkan data kesehatan dan aktivitas dari 5.285 orang yang mengambil bagian dalam Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional, oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) pada tahun 2003 hingga 2006.

Mereka menilai IMT awal dan lingkar pinggang para peserta, sebelum meminta mereka memakai pelacak aktivitas selama sepuluh jam atau lebih per hari, dalam kurun waktu waktu empat hingga tujuh hari.

“Orang yang berolahraga di pagi hari, khususnya antara jam 07.00 dan 09.00 memiliki rata-rata indeks massa tubuh (BMI) sebesar 27,5. Sedangkan mereka yang berolahraga pada siang hari (09.00 hingga 16.00) dan di malam hari (17.00 hingga 18.00) memiliki rata-rata indeks massa tubuh (BMI) sebesar rata-rata 28,3,” ungkap studi tersebut.

Hasilnya tetap konsisten terlepas dari jenis kelamin, etnis, latar belakang pendidikan, penggunaan tembakau atau alkohol, dan perilaku yang melibatkan sedikit gerakan fisik.

Sementara Tongyu Ma, penulis utama studi yang menjabat sebagai asisten profesor ilmu rehabilitasi di Universitas Politeknik Hong Kong mengatakan, bersama timnya akan melakukan lebih banyak penelitian.

Khususnya untuk mengidentifikasi hubungan potensial antara olahraga pagi dan penurunan IMT serta ukuran pinggang untuk lebih memperkuat temuan tersebut.

Di sisi lain, Rebecca Krukowski seorang psikolog klinis yang fokus pada manajemen berat badan perilaku dan tidak terlibat dalam penelitian itu, menyoroti keuntungan seseorang menjadwalkan olahraga pagi untuk menghindari gangguan dari surat elektronik, panggilan telepon atau rapat. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
24o
Kurs