Minggu, 3 Maret 2024

WhatsApp Sedang Matangkan Fitur Lintas Platform

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Aplikasi WhatsApp pada Mac. Foto: Antara

Pembaruan WhatsApp beta untuk Android (versi 2.23.19.8) menunjukkan WhatsApp sedang mematangkan fitur mengirim pesan lintas platform yang disebut “Pesan dari Pihak Ketiga”.

Melansir Antara, Senin (11/9/2023), saat ini, fitur lintas platform WhatsApp belum berfungsi dan tidak dapat diakses oleh pengguna. Namun, menurut laporan dari WABetaInfo, ada petunjuk kuat bahwa fitur itu kemungkinan adalah langkah pertama untuk membuka aplikasi pesan terenkripsi Meta agar cocok dengan berbagai platform.

Versi beta itu muncul hanya beberapa hari setelah Komisi Eropa mengonfirmasi bahwa pemilik WhatsApp, yaitu Meta, memenuhi persyaratan sebagai gatekeeper, membatasi akses, sesuai Digital Markets Act (DMA) Uni Eropa.

DMA mewajibkan perangkat lunak komunikasi seperti WhatsApp untuk berhubungan dengan aplikasi pesan pihak ketiga pada Maret 2024.

Tujuan DMA, sesuai dengan FAQ Komisi Eropa tentang undang-undang tersebut, adalah untuk mencegah gatekeeper bersikap tidak adil dan menjamin keterbukaan informasi penting.

Selain mewajibkan aplikasi pesan untuk berhubungan, DMA juga mewajibkan gatekeeper juga untuk memungkinkan pengguna menghapus aplikasi yang sudah terinstal atau berbelanja di toko aplikasi alternatif.

Menanggapi hal tersebut, saat ini, baik Meta maupun Microsoft sedang merencanakan toko aplikasi seluler mereka sendiri.

Komisi Eropa juga sedang mendalami apakah iMessage milik Apple, mesin pencari Bing, peramban Edge, serta layanan periklanan Microsoft memenuhi persyaratan regulasi baru tersebut. (ant/bnt/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Minggu, 3 Maret 2024
27o
Kurs