Selasa, 18 Juni 2024

Dokter: Jaga Kebersihan dan Kelembapan Kulit Cegah Efek Buruk Pancaroba

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Mochammad Ayyub Arachman (kanan) dokter spesialis kulit, kelamin dan estetika RSUD Husada Prima, Ganang Rindarko general manager QNET Indonesia saat berada di Surabaya, pada Sabtu (13/1/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Perubahan cuaca dari musim kemarau ke musim hujan dapat berdampak pada kesehatan kulit, terutama kulit wajah yang rentan bermasalah seperti munculnya jerawat, bintik hitam hingga kusam.

Mochammad Ayyub Arachman dokter spesialis kulit, kelamin dan estetika Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Husada Prima mengatakan bahwa penting melakukan perawatan kulit wajah agar tetap sehat.

“Perawatan kulit itu pada dasarnya sama antara laki-laki dan perempuan, yang penting, yang pertama adalah membersihkan, memakai sabun wajah, sesuai dengan tujuannya, ada brightening dan ada untuk kulit wajah yang sensitif,” ucapnya saat berada di Surabaya kegiatan QNET peluncuran Qmen’s series and amezcua synergy bracelet, pada Sabtu (13/1/2024).

Selain itu, ia mengatakan bahwa hal penting yang harus dilakukan yakni balancing perawatan kulit wajah menggunakan krim moisturizer atau serum.

“Jadi prinsipnya untuk wanita dan pria sama, yang paling penting adalah membersihkan, melembabkan, bisa dengan serum dan pelembab yang lain,” tuturnua.

Kemudian, ia menambahkan bahwa yang tidak kalah penting dalam perawatan kulit wajah yakni menggunakan sunscreen yang mengandung UV filter.

Bahkan menurutnya, jika kondisi cuaca sedang berubah dari panas ke hujan, atau dalam keadaan mendung pun sebisa mungkin harus tetap menggunakan krim UV filter tersebut.

Ia menjelaskan, UV terbagi menjadi dua, yakni UV B yang dapat terdeteksi dengan mudah oleh manusia, seperti adanya cahaya dan suhu panas saat beraktivitas di luar ruangan. Dan kedua, UV A yang ada di dalam ruangan.

“Dan waktu mendung, itu UV A juga malah gampang menyerang kita,” katanya.

Sehingga menurutnya, untuk mengatasi hal tersebut, penggunaan UV filter yang mengandung perlindungan terhadap UV A dan UV B sangat baik.

“Jadi intinya, dalam penggunaan itu dibutuhkan baik di dalam ruangan, mendung atau pun di luar ruangan dalam cuaca panas,” katanya.

Sementara itu, Ganang Rindarko general manager QNET Indonesia mengatakan, perawatan kulit wajah penting diperhatikan secara intens, yakni untuk melawan masalah kulit dalam keseharian.

“Dengan menjaga kesehatan kulit, bisa memperlambat oksidasi dan penuaan sel-sel tubuh, melindungi dari radiasi UV matahari di iklim tropis, dan melawan dari polusi udara di daerah berpenduduk padat,” pungkasnya.(ris/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 18 Juni 2024
27o
Kurs