Senin, 29 April 2024

Pelindo Gelar Pameran Busana dan Batik Sambut Kedatangan Kapal Pesiar Seven Seas Mariner

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Pagelaran busana dan pameran batik yang diadakan Pelindo Regional 3 di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya untuk menyambut kedatangan kapal pesiar Seven Seas Mariner, Jumat (15/3/2024) kemarin. Foto: Pelindo

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 3 menggelar pagelaran busana dan pameran batik untuk menyambut kedatangan kapal pesiar Seven Seas Mariner, Jumat (15/3/2024).

Juju Juarsih Regional Division Pelayanan SDM dan UMUM Pelindo Regional 3 mengatakan, acara ini termasuk program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pelindo ini untuk meningkatkan nilai batik ke pasar internasional.

Selain itu, kegiatan yang digelar berbarengan dengan kedatangan Cruise berpenumpang 1000 orang ini merupakan wujud komitmen Pelindo dalam mendukung pengembangan UMKM batik di Indonesia.

“Pelindo sebagai perusahaan BUMN memiliki tanggung jawab untuk turut mengembangkan ekonomi kerakyatan, salah satunya dengan membantu UMKM batik untuk naik kelas. Kami berharap dengan kegiatan ini, batik Indonesia semakin dikenal di dunia internasional dan dapat meningkatkan kesejahteraan para pengrajin batik,” ujar Juju Juarsih dalam keterangannya yang diterima suarasurabaya.net, Sabtu (16/3/2024).

Acara yang digelar di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, ini juga dihadiri oleh perwakilan Pemprov Jatim, Pemkot Surabaya, Universitas Widya Mandala dan para pelaku UMKM Batik warga Klampar, Pamekasan sebagai UMKM binaan Pelindo.

Moh Gunawan Saleh, Pj Sekdaprov Jatim yang hadir langsung menyasikan pagelaran ini menyambut baik kepedulian Pelindo untuk meningkatkan nilai batik tersebut, terlebih Jatim punya sejumlah batik khas yang bisa mendorong peningkatan ekonomi UMKM

“Kami mengapreasi Pelindo yang sudah peduli pada batik, terutama batik yang di kreasi oleh UMKM di Jawa Timur, harannya ketika ini bisa dipasarkan ke Internasional akan menambah nilai ekonomi bagi para perajinnya”. Gunawan

Pagelaran busana menampilkan batik maritim karya UMKM Batik warga Klampar, Pamekasan yang didesain menjadi busana oleh desainer Embran Nawawi. Pameran batik juga menghadirkan berbagai produk batik unggulan dari berbagai daerah di Indonesia.

Batik maritim merupakan motif batik yang terinspirasi dari keindahan laut dan budaya maritim Indonesia. Peluncuran batik maritim ini diharapkan dapat menjadi daya tarik baru bagi wisatawan dan meningkatkan minat masyarakat terhadap batik. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs