Kamis, 30 Mei 2024

Threads by Instagram Semakin Banyak Diminati, Sedangkan Pengguna X Menurun

Laporan oleh M. Hamim Arifin
Bagikan
Ilustrasi Aplikasi Threads. Foto: TechCrunch

Threads by Instagram sebagai salah satu aplikasi jejaring sosial milik Meta, secara mengejutkan menunjukkan performa pengunduhan yang membaik dan mengindikasikan layanan tersebut semakin banyak digunakan.

Menurut data Appfigures, platform yang secara melaporkan pengembang aplikasi seluler, menemukan bahwa pengguna Threads kini telah meningkat tiga kali lipat pada bulan Desember 2023 dan menjadi aplikasi No. 6 yang paling banyak diunduh di Apple App Store dan Google Play.

Sedangkan X, justru berjuang dengan melakukan rebranding, berada di posisi 36.

Padahal setelah aplikasi itu dirilis pada Juli 2023, tidak terlihat pertumbuhan signifikan pada unduhan aplikasinya. Bahkan, pada periode tersebut tak sedikit masyarakat yang meragukan apakah Threads akan menjadi rival X dalam jangka panjang.

Mark Zuckerberg CEO Meta mengatakan, Threads telah tumbuh dengan pesat meskipun ia menyebut aplikasi ini telah meledak sebelum Meta siap.

“Saya perhatikan bahwa Threads sekarang memiliki lebih banyak orang yang secara aktif menggunakannya daripada saat puncak peluncuran awalnya. Jadi, saya pikir ini akan menjadi sebuah kesuksesan besar,” kata Zuckerberg, dilansir Tech Crunch.

Pada kuartal terakhir, Zuckerberg juga memuji Threads dengan mengatakan bahwa ia yakin aplikasi ini memiliki peluang bagus untuk mencapai 1 miliar pengguna dalam beberapa tahun ke depan. Pada saat itu, Threads memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan.

Meta mengatakan bahwa rangkaian aplikasinya, yang juga mencakup Facebook, Instagram, Messenger, dan WhatsApp, digunakan oleh 3,19 miliar orang setiap hari pada kuartal keempat. Angka itu naik dari 3,14 miliar pada kuartal sebelumnya pada September 2023.

Pengguna aktif bulanan mencapai 3,98 miliar, naik dari 3,96 miliar pada kuartal sebelumnya.

Dengan memanfaatkan grafik pertemanan Instagram, Threads berhasil memecahkan rekor dengan mencapai 100 juta pengguna terdaftar dalam lima hari pertama pada bulan Juli lalu.

Namun, minat terhadap Threads mulai menurun pada musim gugur, dan baru kembali meningkat setelah Meta memberikan dorongan dengan mempromosikan unggahan viral Threads kepada pengguna Facebook. Hal tersebut mungkin membantu aplikasi ini mendapatkan tempat di 10 besar aplikasi yang paling banyak diunduh secara global pada bulan Desember.

Sementara untuk pendapatan Meta, perusahaan berhasil memperoleh $ 40,1 miliar pada Desember 2023, lebih tinggi dari perkiraan sebesar $ 39,18 miliar dan pendapatan $ 5,33 per saham, lebih tinggi dari perkiraan $ 4,96. Laba bersih mencapai $14,02 miliar. Pendapatan untuk tahun penuh 2023 adalah $134,90 miliar.

Meta juga mengumumkan dividen tunai pertama sebesar $0,50 per saham, yang akan dibayarkan pada bulan Maret kepada para pemegang saham Meta. (azw/ham/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 30 Mei 2024
26o
Kurs