Rabu, 19 Juni 2024

X Luncurkan Versi Baru Fitur Komunitas

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Aplikasi media sosial X yang sebelumnya memiliki nama Twitter. Foto: freepik

X meluncurkan versi baru fitur Komunitas. Hal ini memungkinkan pengguna berjejaring seputar topik yang diminati, masing-masing dengan ruang dan linimasa tersendiri.

Melansir dari Antara pada Sabtu (18/5/2024), perusahaan mengumumkan sejumlah perubahan pada Komunitas. Termasuk peningkatan alat penemuan, rekomendasi, pencarian, dan opsi penyortiran.

Sasaran yang lebih luas dari pembaruan tersebut adalah untuk menghubungkan lebih banyak basis pengguna X dengan orang lain, di mana mereka dapat membuat postingan tentang topik tertentu dan mengomentari postingan orang lain.

Komunitas adalah bagian penting dari upaya untuk menjadikan X (sebelumnya Twitter), sebagai perusahaan yang lebih bernilai dalam hal data yang ditawarkan.

Platform sosial milik Elon Musk ini memiliki hubungan dengan perusahaan AI miliknya, xAI, dan chatbot Grok milik xAI memiliki akses ke data real-time X, atau yang sebelumnya dikenal sebagai tweet.

Namun, dengan Komunitas X, perusahaan dapat membangun sesuatu yang sama berharganya dengan Twitter.

Idealnya, Komunitas dapat berkembang menjadi sumber informasi yang dapat menyaingi Reddit, yang datanya kini hanya tersedia bagi mereka yang membayar, sehingga dapat menghasilkan jutaan dolar.

Setelah peningkatan fitur, pengguna X dapat menemukan postingan dari Komunitas baru yang sedang tren langsung dari tab Jelajahi di bagian tersebut.

X juga akan mulai menampilkan rekomendasi Komunitas kepada pengguna di linimasa mereka, yang merupakan dorongan besar lain untuk membantu fitur ini mendapatkan lebih banyak perhatian.

Selain itu, Komunitas akan lebih mudah ditemukan karena dapat dicari berdasarkan topik.

Setelah orang-orang bergabung dengan Komunitas, mereka akan dapat mengurutkan postingan berdasarkan apa yang sedang tren di Komunitas tempat mereka bergabung menurut penjelasan perusahaan dalam postingan di akun Komunitas.

Perusahaan menyampaikan bahwa Komunitas nantinya juga akan menambahkan analisis komunitas untuk moderator, Community Spaces (produk audio langsung X), dan alat moderasi yang lebih baik.

Jika X dapat meyakinkan lebih banyak pengguna untuk bergabung dan memposting di Komunitas, maka akan ada peningkatan jumlah data yang diberikan kepada Grok, sehingga akan menguntungkan bagi X dan xAI.

X sudah menawarkan akses ke chatbot Grok untuk pelanggan berbayarnya, dan xAI mendapatkan distribusi luas untuk Grok melalui X. (ant/ike/saf/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Rabu, 19 Juni 2024
24o
Kurs