Rabu, 24 April 2024

3 Tarian Apik untuk Bugarkan Tubuh Selama Puasa

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan

Jika selama ini pengurangan porsi olahraga diakibatkan kegiatan berpuasa, kini ada pilihan untuk tetap bugar meski dilakukan setelah berbuka puasa.

Menurut hasil penelitian di Memorial Hospital, Rhode Island, Amerika, adalah dari gerakan–gerakan tari yang diujikan pada 35 responden ternyata bagus untuk melatih otot jantung, mengurangi stres, melatih kekuatan otot, menambah energi, serta meningkatkan rasa percaya diri. Apa saja jenis tarian yang bagus untuk kebugaran tubuh?

Berikut ini adalah beberapa gerakan tari untuk kesehatan yang bisa dicoba:

1. Zumba

Zumba berasal dari kata zum-zum (bahasa Kolumbia), yang berarti gerakan cepat. Zumba Fitness bisa menurunkan berat badan hingga 1 kg dalam satu minggu. Jun Ko Agus, Pelopor Zumba di Indonesia menjelaskan, dalam satu kali latihan Zumba Fitness bisa membakar 600-1.000 kalori. Jika dilakukan dengan rutin maka dapat menghasilkan penurunan berat sekitar 1 kg per minggu.

2. Salsa

Jenis tari salsa menggabungkan gerakan aerobik dengan tarian tradisional latin dalam tempo cepat. Tarian ini berpusat pada otot perut, pantat, panggul, kedua sisi pinggang, paha, dan kaki. Menurut hasil penelitian Universitas Derby tahun 2007, menari salsa bisa memicu pelepasan hormon bahagia di otak dan membantu meningkatkan konsentrasi dan percaya diri, memperbaiki postur tubuh, melatih pernapasan dan jantung, dan juga sangat baik untuk membantu koordinasi tubuh.

3. Capoeira

Gerakan capoeira memang menyerupai tarian dan bertitik berat pada tendangan dan lompatan. Pertandingan capoeira diiringi oleh musik dan disebut Jogo. Dalam satu kali latihan capoeira kita bisa membakar 1.500 kalori. Manfaat lain dari capoeira tentu saja melancarkan peredaran darah, melatih memori, dan melatih otot tubuh.(she/nin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs