Sabtu, 20 April 2024

Ramadhan, 10 Ribu Peziarah Tiap Hari Datangi Makam Sunan Ampel

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Suasana malam di Makam Sunan Ampel.

Memasuki bulan Ramadhan, sepuluh ribu orang tiap hari berziarah ke makam Sunan Ampel yang ada di Kelurahan Ampel, Kecamatan Semampir, Surabaya.

Baidlawi Nuri, takmir masjid Sunan Ampel, Senin (30/6) mengatakan, peningkatan jumlah peziarah ini bahkan terpantau sejak sepekan sebelum Ramadhan.

“Hari biasa peziarah sekitar lima ribuan, tapi sejak seminggu lalu meningkat sekitar 10 ribu perhari,” kata Baidlawi. Selain untuk peringati bulan suci, peningkatan ini diduga karena adanya haul agung Sunan Ampel.

Berjubelnya peziarah, kata Baidlawi karena seluruh keluarga ahli waris seluruh wali songo juga berkunjung ke makam Sunan Ampel sehingga mampu menarik peziarah lainnya untuk berburu berkah.

Meski peziarah berjubel, tapi Baidlawi mengaku tak ada persiapan khusus sambut puasa kali ini. Apalagi, membludaknya peziarah juga sudah sering terjadi di bulan-bulan tertentu.

Hanya, beberapa lampu hias saat ini memang terpasang di pojok-pojok makam bahkan di pagar makam sunan ampel juga ditempeli lampu hias berwarna-warni. (fik)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
34o
Kurs