Selasa, 30 April 2024

Ribuan Massa Buruh Bergerak ke Kota Surabaya Usai Sholat Jumat

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Aksi seribu buruh sambut May Day di depan Grahadi, Surabaya, Kamis (30/4/2015). Foto : dok. suarasurabaya.net

Massa buruh yang diperkirakan mencapai 10 ribu orang akan mulai bergerak ke Kota Surabaya seusai sholat Jumat, Jumat (1/5/2015). Ribuan massa buruh ini akan menggelar aksi unjuk rasa peringatan May Day di Gedung Negara Grahadi dan Kantor Gubernur.

Kombes Pol Yan Fitri Halimansyah Kapolrestabes Surabaya mengatakan, saat ini massa sudah mulai bergerak menuju Masjid Agung untuk melaksanakan sholat Jumat. Sedangkan massa buruh dari Gresik akan melaksanakan sholat Jumat di lokasi masing-masing dan selanjutnya bergerak ke Surabaya.

“Usai melaksanakan sholat Jumat, massa akan mulai bergerak menuju Kota Surabaya untuk berunjuk rasa,” katanya.

Sesuai dengan surat izin yang disampaikan buruh dalam memperingati May Day 10 ribu massa buruh berasal dari Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto dan Pasuruan.

“Tapi kalau mengingat situasi hari libur bisa jadi jumlah massa berkurang. Seperti aksi yang digelar kemarin, jumlah buruh tidak terlalu banyak,” kata Kompol Yan Fitri pada Radio Suara Surabaya.

Untuk mengantisipasi buruh dari luar Surabaya masuk ke kota Surabaya, kata dia, polisi sudah menyiagakan personel-personel di akses masuk kota Surabaya.

“Kita juga sudah bekerjasama dengan Polres penyangga yang ada di seputaran kota Surabaya akan melakukan pengawalan,” ujar dia. (dwi)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
31o
Kurs