Selasa, 30 April 2024

Pemkot Surabaya Dorong Komunitas Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Whisnu Sakti Buana Plt Wali Kota Surabaya saat memantau screening donor plasma konvalesen di PT SIER, Rungkut Industri, Surabaya, Selasa (2/2/2021). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Whisnu Sakti Buana Plt Wali Kota Surabaya mendorong kelompok komunitas penyintas Covid-19 memasifkan donor plasma konvalesen. Menurutnya, data yang dia peroleh dari Palang Merah Indonesia (PMI), pergerakan donor plasma konvalesen di Surabaya tertinggi nasional.

“Itu yang kita harapkan dari para penyintas ini bisa bergerak aktif untuk ikut berbagi mendonorkan plasmanya. Untuk donor plasma, Surabaya ini terbaik dan kita harapkan semakin massif lagi agar bisa memberikan contoh secara nasional,” ujar Whisnu di sela memantau screening donor plasma konvalesen di PT. SIER, Rungkut Industri, Surabaya, Selasa (2/2/2021).

Whisnu mengatakan, dengan memasifkan donor plasma konvalesen maka Surabaya bisa menakan angka fatalitas korban Covid-19. “Jadi tingkat kematian bisa kita tekan seminim mungkin,” ujarnya.

Whisnu mendorong donor plasma konvalesen bisa dilakukan sebanyak mungkin di Surabaya. Karena kebutuhan plasma konvalesen juga terus bertambah untuk membantu penanganan pasien Covid-19 gejala sedang hingga berat.

“Saat ini yang donor dengan kebutuhan masih jauh lebih banyak kebutuhannya. Makanya kita berharap itu bisa terpenuhi,” katanya.

Sekadar diketahui, PT. SIER menggelar donor plasma konvalesen bagi para penyintas Covid-19. Donor darah dimulai pukul 10.00 WIB sampai 15.00 WIB.

Pendaftaran secara online telah dibuka dua pekan lalu. Panitia menyiapkan kuota 75 orang untuk donor darah konvalesen dan 175 untuk donor darah biasa. Donor darah dikerjakan PMI Surabaya.

Para peserta dilakukan screening hari ini di PT. SIER, selanjutnya bagi yang memenuhi syarat akan dikontak oleh PMI Surabaya untuk diambil plasma konvalesennya di Kantor PMI Surabaya.(bid/iss/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
30o
Kurs