Selasa, 30 April 2024

Nelayan di Pangandaran Meninggal Tersambar Petir Saat Melaut

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Suasana pantai di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Foto: Antara

AKP Sugianto Kepala Satuan Polisi Air dan Udara (Satpol Airud) Pangandaran menyatakan, meninggalnya seorang nelayan di lautan akibat tersambar petir karena saat kejadian sedang hujan disertai sambaran petir di wilayah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

“Ya, betul (nelayan meninggal) sedang melaut, kemudian ada hujan disertai petir,” kata Sugianto melalui telepon seluler, Sabtu (28/1/2023).

Ia menuturkan, korban bernama Indra Sukandi (39) nelayan asal Dusun Bojongsalawe, Desa Karangjaladri, Kecamatan Pangandaran yang tersambar petir saat melaut, Jumat (27/1/2023) sore.

Melansir Antara, korban sudah dievakuasi, dan kepolisian telah melakukan pemeriksaan yang hasilnya korban meninggal dunia karena tersambar petir di lautan.

“Murni laka (kecelakaan) karena tersambar petir,” katanya.

Ia menyampaikan peristiwa itu bermula saat korban pergi melaut bersama rekannya dari Pelabuhan Bojongsalawe menuju perairan Batu Hiu untuk menangkap ikan, Jumat (27/1/2023) sekitar pukul 16.30 WIB.

Mereka saat berada di lautan itu sedang hujan deras, tiba-tiba petir ke arah mereka membuat perahu yang ditumpanginya retak, juga menyambar korban hingga tergeletak.

Rekan korban langsung memeriksanya, dan diketahui kondisi korban sudah meninggal dunia, kemudian membawanya menuju Pelabuhan Bojongsalawe, dan warga setempat membantu mengevakuasi korban ke rumahnya.

“Saat kejadian memang sedang hujan lebat disertai petir,” kata Sugianto.

Ia mengimbau masyarakat pesisir pantai khususnya nelayan untuk tidak melaut saat kondisi cuaca dinilai berbahaya seperti hujan deras dan petir.

“Nelayan agar waspada dan hati-hati saat melaut terhadap perubahan cuaca, dan agar menunda dulu pelayaran bila cuaca buruk,” katanya.(ant/ihz/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
32o
Kurs