Kamis, 16 Mei 2024

APINDO Optimis Perekonomian Jatim 2015 Lebih Baik

Laporan oleh Triono
Bagikan

Heri Bertus Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Jatim optimis jika pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur tahun 2015 mendatang akan lebih baik lagi.

“Saya optimis pertumbuhan di Jawa Timur masih diatas 5 persen, sekarang saja sudah diatas 6 persen. Semoga saja tahun depan bisa lebih baik lagi,” katanya saat diwawancarai Radio Suara Surabaya Kamis (13/11/2014) siang.

Untuk menjadikan pertumbuhan ekonomi lebih baik, menurutnya, harus ada perbaikan di sektor tenaga kerja.

“Sebenarnya yang memicu kondisi ekonomi Indonesia mengalami perlambatan ya karena banyaknya masalah ketenaga kerjaan. Kalau sektor tenaga kerja bisa diselesaikan tidak akan masalah ekonomi kita,” ujarnya.

Saat ditanya mengenai sektor yang bangkit pada pertumbuhan ekonomi 2015 mendatang, dia mengatakan, agribisnis masih menjadi harapan untuk pertumbuhan ekonomi. Namun, harus diperbaiki lagi.

“Kita harapkan di 38 kabupaten di Jawa Timur bisa merata tapi nyatanya sekarang agribisnis masih belum merata,” paparnya.

Dia mencontohkan, saat ini di sektor lain seperti pariwisata dan perikanan pertumbuhannya sangat bagus. Sedangkan pengembangan bisnisnya harus menggandeng level Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sehingga mereka terdorong naik agar pasarnya selalu berkembang.

“Jadi, intinya yang perlu dilakukan tahun depan adalah tingkatkan kompetensi dan mutu masing-masing agar bisa menang di MEA mendatang,” tutupnya.(ono/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
25o
Kurs