Sabtu, 27 April 2024

Jawa Timur Potensial untuk Industri Pasar Modal

Laporan oleh Teguh Ardi Srianto
Bagikan

Posisi Jawa Timur untuk memperkuat industri pasar modal di Indonesia masih sangat potensial.

Sebagai propinsi kedua sesudah Jakarta, Jawa Timur punya peran besar dalam mengembangkan dan membangun industri pasar modal dengan mendorong pertumbuhan investor domestik.

Laksono Widodo Direktur Capital Markets Mandiri Sekuritas mengatakan, dalam industri pasar modal, banyak investor yang mempertimbangkan faktor politik dan keamanan sebagai acuan mereka sebelum berinvestasi di pasar modal. “Kalau beberapa bulan lalu jelang pelaksanaan pemilu legislatif, banyak investor yang memilih menunggu pemenang pemilu baru berinvestasi, sehingga pasar modal sempat menurun,” jelas Laksono, Rabu (7/5/2014).

Kondisi itu diprediksi Laksono, akan berlangsung sampai akhir tahun ini, bahkan ada kemungkinan sampai Maret 2015, pasar tetap akan bersikap sama.

Sementara untuk beberapa sektor industri di Jawa Timur yang diprediksi memiliki potensi untuk menggandeng investor lokal berinvestasi di pasar modal, diantaranya sektor perkebunan, budi daya perikanan, agribisnis dan manufaktur.

Untuk memberikan pemahaman pada masyarakat tentang pasar modal, perlu terus dilakukan edukasi investasi, sehingga membuat masyarakat semakin mengenal pasar modal dan cara-cara berinvestasi yang tepat lewat pasar modal. “Kalau edukasi tentang pasar modal tidak terus dilakukan, dikhawatirkan masyarakat akan ketakutan dalam berinvestasi lewat pasar modal,” ujar Laksono. (tas/RST)

Teks Foto :
– Laksono Widodo Direktur Capital Markets Mandiri Sekuritas.
Foto : Teguh suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs