Minggu, 16 Juni 2024

REI Berharap BI Rate Tidak Fluktuatif

Laporan oleh Sirojul Munir Anif Mubarok
Bagikan

Real Estate Indonesia (REI) Jawa Tengah berharap agar BI rate atau suku bunga acuan dari Bank Indonesia, tidak mengalami fluktuasi, sehingga calon pembeli perumahan akan lebih tenang.

Dibya K Hidayat Wakil Ketua DPD Real Estate Indonesia Jateng Bidang Promosi, Publikasi, dan Kehumasan, mengatakan, dengan suku bunga yang stagnan maka para calaon pembeli rumah akan lebih tenang.

“Dengan suku bunga acuan yang stagnan maka pembeli akan lebih tenang terutama yang membeli rumah melalui sistem kredit,” ujarnya di Semarang, seperti yang dilansir Antara, Jumat (14/11/2014).

Menurutnya, kepastian besaran bunga menjadi faktor utama yang berpengaruh terhadap penjualan rumah.

Jika pada perjalanannya, BI rate mengalami kenaikan maka akan berpengaruh pada suku bunga KPR (Kredit Kepemilikan Rumah), selanjutnya dampak negatif yang lain yaitu terjadinya kredit macet.

Menurutnya, jika dalam waktu dekat ini harga BBM subsidi jadi dinaikkan maka mau tidak mau para pengembang akan ikut menaikkan harga rumah.

“Untuk kenaikan harga properti atau perumahan dipastikan akan naik di awal tahun nanti, setidaknya kenaikan harga akan berada di kisaran 15-20 persen dari harga yang berlaku saat ini,” jelasnya.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau kepada para calon pembeli agar segera membeli rumah jika dana yang dimiliki sudah mencukupi.

“Kalau masih menunggu beberapa bulan lagi maka dipastikan harga akan mengalami kenaikan. Kalau naiknya 10 persen kan sudah cukup tinggi, terutama untuk rumah menengah dan menengah atas,” jelasnya.(ant/nif/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 16 Juni 2024
25o
Kurs