Jumat, 26 April 2024

Khofifah Gowes di Kota Blitar dalam Rangka Memulihkan Ekonomi Warga

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur kembali gowes (bersepeda), kali ini di Blitar. Foto: Humas Pemprov Jatim

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur kembali gowes (bersepeda) ke kabupaten/kota di Jatim. Kali ini giliran Kota Blitar jadi rute gowes Khofifah bersama instansi vertikal seperti Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Jatim, sampai Kanwil BPN.

Rombongan bertolak dari Balai Kota Blitar pada Minggu (4/10/2020). Bersama para ahli perbankan Jatim, Khofifah ingin ada percepatan laju pemulihan ekonomi Jatim sembari mengingatkan masyarakat pentingnya disiplin protokol kesehatan Covid-19.

Secara khusus Gubernur Khofifah menyebut edisi gowes kali ini sebagai Gowes Pemulihan Ekonomi. Maka dari itu, kehadiran para pimpinan Bank ini, menjadi suatu kunci keberseiringan antara menggerakkan ekonomi dan mengendalikan penyebaran Covid-19.

“Sebagian besar tim kali ini adalah tim bankir. Ada Kanwil BI, Kanreg OJK, Dirut Bank Jatim, Dirut Bank UMKM Jatim, (perwakilan) BNI, bahkan Kanwil BPN. Karena Sinergi ini adalah kebutuhan,” ujar Khofifah.

Khofifah bilang, berbagai stimulus sudah diberikan oleh Pemerintah pusat maupun Pemprov. Baik BLT, BNPT, Bantuan Subsidi Upah, sampai yang terbaru Banpres-PUM kepada usaha mikro.

Tidak hanya itu, stimulus Perbankan seperti kemudahan pengajuan kredit dan relaksasi Kredit juga bertujuan untuk membantu dan mengurangi dampak Covid-19 yang menjadi beban masyarakat di tengah kondisi pandemi saat ini.

“Semua bisa menjadi komplementer dari seluruh basis layanan sosial ekonomi kita. Harapannya, ini semua bisa meringankan beban masyarakat di Jawa Timur,” kata Gubernur perempuan pertama di Jawa Timur itu.

Khofifah bilang, dia berharap tidak hanya Bank Jatim dan Bank UMKM Jatim saja yang terus bersinergi, melainkan juga bank yang tergabung dalam Himbara (Himpunan Bank Milik Negara), seperti BNI, Bank Mandiri, dan lainnya.

Kali ini Khofifah bersama rombongan bersepeda menempuh jarak 7 kilometer. Dia sempatkan mengunjungi Makam Bung Karno Sang Proklamator lalu ke PIPP (Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan) Pemkot Blitar.

Gubernur Khofifah juga melakukan siaran langsung ke Radio Mayangkara dan meninjau Agrowisata petik belimbing di Kota Blitar. Lalu setelah Gowes dia memberi bantuan kepada warga di Balai Kota Blitar.

Bantuan yang diserahkan antara lain Sertifikat Program Strategis Nasional untuk 10 orang, Bantuan Sosial berupa beras kepada 3 orang Keluarga Penerima Manfaat KPM (PKH), juga Dana Bergulir dari Bank Jatim untuk 3 orang.

Adapun tiga penerima Dana Bergulir Bank Jatim masing-masing adalah warga pengelola usaha Budidaya Ikan Air Tawar, Industri Pengolahan Makanan, dan Industri Sambel Pecel. Masing-masing pelaku usaha menerima kredit Dagulur senilai Rp100 juta.

Pada kesempatan yang sama Khofifah juga menyerahkan bantuan Kredit Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dari bank Jatim kepada 2 orang yang bergerak di bidang Usaha Peternakan. Masing-masing Rp500 juta dan Rp225 juta.

Masih ada sejumlah bantuan lain yang diserahkan oleh Khofifah secara simbolis didampingi Heru Tjahjono Sekdaprov Jatim, Difi Ahmad Johansyah Kakanwil BI Jatim, Busrul Iman Dirut Bank Jatim, Jonahar Kakanwil BPN Jatim, Djumadi Pjs Walikota Blitar serta Heru Cahyono Kepala OJK Regional IV Jatim. (den/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs