Rabu, 8 Desember 2021

Pekan Depan Banpres Produktif Disalurkan kepada 9,1 Juta Pelaku UMK

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden memberikan bantuan dana secara simbolis kepada sejumlah pengusaha kecil, Rabu (19/8/2020), di Halaman Tengah Istana Negara, Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, sore hari ini, Rabu (19/8/2020), kembali menyerahkan secara langsung bantuan modal kerja kepada para pelaku usaha mikro dan kecil dari wilayah DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu.

Penyerahan bantuan tersebut berlangsung di Halaman Tengah Istana Merdeka, Jakarta.

Presiden mengatakan, pemerintah akan mulai menyerahkan bantuan modal kerja bernama Banpres Produktif kepada 9,1 juta pelaku usaha mikro dan kecil dari seluruh Indonesia.

Dia berharap, bantuan dana itu bisa untuk tambahan modal kerja yang bermanfaat meringankan beban di masa pandemi Covid-19.

“Pemerintah minggu depan akan membagikan yang namanya modal kerja darurat, namanya Banpres (Bantuan Presiden) Produktif, kepada 9,1 juta pengusaha kecil dan mikro. Sekali lagi akan dibagikan kepada 9,1 juta pedagang, pengusaha kecil dan mikro. Bapak dan ibu semua kami undang ke sini untuk mengawali sebelum pembukaan besarnya nanti minggu depan untuk yang 9,1 juta pengusaha di seluruh Tanah Air akan dikirim lewat transfer semua,” ucap Presiden.

Pada kesempatan itu, sebanyak 71 pelaku usaha mikro dan kecil hadir untuk menerima bantuan modal kerja darurat sejumlah Rp2,4 juta.

Para pengusaha penerima bantuan itu terbagi dalam dua sesi untuk mencegah kerumunan, sebagai upaya penerapan protokol kesehatan.

Wiwi Pertiwi, seorang pedagang kecil asal Jakarta Pusat mengaku bersyukur dengan adanya bantuan tersebut. Pandemi Covid-19 yang tengah melanda Indonesia membuat pendapatannya turun drastis.

“Saya ini tadinya pedagang rumahan, kelontong kecil-kecilan. Sebelum Covid saya dagang pulsa juga, kopi, dan mie instan. Sebelum Covid itu omzet saya lumayan, sehari saya bisa dapat Rp700 ribu sampai Rp1 juta. Tapi setelah Covid omzetnya turun drastis. Saya sehari bisa dapat uang Rp100.000 saja sudah bersyukur. Minim banget,” ungkapnya.

Wiwi bersyukur ada bantuan dari pemerintah yang disampaikan langsung oleh Presiden.

“Terima kasih banyak Bapak Jokowi untuk bantuan ini. Semoga usaha saya bisa berjalan kembali lancar dan Bapak sehat selalu bersama keluarga,” katanya.

Di hadapan para pengusaha kecil, Kepala Negara juga menjelaskan penurunan ekonomi yang dirasakan para pelaku usaha mikro dan kecil juga dirasakan pelaku usaha besar, di dalam mau pun luar negeri.

“Keadaannya memang seperti itu dan dialami semua negara. Semuanya memang terkena pandemi ini. Memang ini sebuah cobaan dan ujian untuk kita bersama, tetapi saya meyakini Insyaallah kalau kita kerja keras kita akan bisa lepas dari ujian dan cobaan yang diberikan kepada kita,” harap Presiden.

Turut hadir mendapingi Presiden dalam acara penyerahan bantuan modal kerja tersebut antara lain Pratikno Menteri Sekretaris Negara, dan Teten Masduki Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.(rid/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Rabu, 8 Desember 2021
25o
Kurs