Sabtu, 20 April 2024

Sri Mulyani Sebut Ketersediaan Vaksin Dukung Pemulihan Ekonomi

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Sri Mulyani Indrawati Menteri Keuangan. Foto: Dok/Antara

Sri Mulyani Indrawati Menteri Keuangan menegaskan ketersediaan dan akses atas vaksin sangat penting dalam penanganan Covid-19, sekaligus mendukung pemerintah untuk memulihkan ekonomi nasional dari dampak pandemi.

Hal tersebut disampaikan Sri Mulyani dalam pertemuan para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 yang diselenggarakan secara virtual.

“Ketersediaan dan akses atas vaksin sangat penting dalam penanganan Covid-19 dan mendukung pemulihan ekonomi,” katanya dalam keterangan resmi Kemenkeu yang diterima di Jakarta, dilansir Antara, Jumat (16/10/2020).

Pertemuan itu menegaskan pentingnya aksi bersama untuk mendukung R&D, produksi, dan distribusi Covid-19 tools yang meliputi diagnostik, terapi, serta vaksin.

Dicontohkan, seperti imunisasi yang dilakukan secara luas merupakan barang publik global atau global public good dalam rangka pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19.

Aksi bersama dalam mendukung proses penanganan pandemi dilakukan dengan tujuan untuk mendukung akses yang merata dan terjangkau bagi seluruh masyarakat.

Tak hanya itu, negara-negara G20 juga menekankan pentingnya pembiayaan Universal Health Coverage (UHC) bagi negara berkembang untuk meningkatkan daya tahan, kesiapan, dan respon dari sistem kesehatan terhadap pandemi. (ant/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs