Sabtu, 28 Mei 2022

Tampilan Produk Berubah, Ikuti Prokes di Pandemi Covid-19

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Wina Bojonegoro (tengah) usai talk show, bersama crew Radio Suara Surabaya, berfoto bersama sebelum pandemi. Foto: IG Wina Bojonegoro

Kepatuhan pada protokol kesehatan (prokes) di masa pandemi Covid-19 ini, ternyata menjadikan sejumlah kemasan pada produk usaha yang dihasilkan masyarakat pelaku usaha juga beradaptasi, atau mengalami perubahan sesuai dengan protokol kesehatan masa pandemi Covid-19 ini.

“Kami sudah melakukan beberapa hal ketika awal pandemi terjadi di Indonesia. Kami mulai memesan masker kain, kemudian kami bagikan kepada tetangga-tetangga kami di desa, juga kepada kawan-kawan dekat. Dan bagi-bagi masker itu jadi makin sering kami gelar saat pemerintah mengumumkan PSBB,” terang Wina Bojonegoro owner Padma Publisher dan Oma Padma, Semambung Purwodadi Jawa Timur, Senin (12/10/2020).

Dan seiring dengan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ketika itu, Wina memutuskan untuk sementara menghentikan operasional beberapa usaha yang ditekuninya. Termasuk untuk travel agent yang biasanya melayani sejumlah keperluan wisata dan destinasi tujuan wisata di Indonesia.

“Protokol kesehatan memang harus dijalankan dan dipatuhi masyarakat. Pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak juga harus dipatuhi. Karena itu, kami juga menerapkan protokol kesehatan itu pada bidang-bidang usaha yang kami kelola. Karena memang itu pilihannya. Ada perubahan baru bagi keseharian,” kata Wina.

Di Omah Padma, Wina memastikan sebelum memasuki lingkungan kediaman sekaligus yang berfungsi sebagai galeri seni tersebut, mewajibkan siapapun untuk mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pihak manajemen Wina. Pun juga untuk warga sekitar, Wina juga mengajak untuk mau mematuhi protokol kesehatan.

“Mencuci tangan, tegas kami wajibkan bagi tamu yang akan berkunjung dan masuk ke rumah kami, atau sekedar mampir ke galeri, semuanya wajib mencuci tangan. Kran air kami perbanyak dan menyiapkan sabun cair untuk cuci tangan. Sebelum masuk rumah atau galeri, protokol itu wajib dilakukan,” ujar Wina.

Wajib masker juga ditekankan Wina kepada para tamu, termasuk menjaga jarak. Bahkan ketika tamu mulai memasuki galeri atau ruangan, Wina tak bosan memberikan himbauan agar tetap menjaga jarak meskipun sudha menggunakan tempat duduk.

Degan mematuhi protokol kesehatan tersebut, Wina yang beberapa kali meraih penghargaan atas karya-karya tulisnya itu, ditingkat lokal maupun nasional itu, akhirnya juga menerapkannya untuk beberapa produk karya tulis yang dihasilkan Padma Publisher yang dapat dinikmati masyarakat.

“Beberapa buku yang kami terbitkan kami tambahkan dengan bonus 2 piece masker eco print yang diproduk Omah Padma. Tanpa terasa akhirnya kepatuhan prokes juga kami lakukan atau terapkan pada karya-karya yang kami hadirkan untuk masyarakat luas,” pungkas Wina yang bersama sejumlah perempuan dari berbagai profesi baru saja meluncurkan buku Jejak Langkah Puan itu. (tok/ang)

Berita Terkait

Surabaya
Sabtu, 28 Mei 2022
31o
Kurs