Selasa, 28 September 2021

Kadin Usulkan Pengunjung Mal Harus Tunjukkan Sertifikat Vaksin

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Hamim/Dok. suarasurabaya.net

Arsjad Rasjid Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengusulkan agar sertifikat vaksin menjadi syarat masuk pengunjung pusat perbelanjaan atau mal. Dengan demikian, mal bisa beroperasi dan perekonomian tetap berjalan.

“Harapannya ritel-ritel itu, kalau mal-mal, harapannya kalau bisa sudah vaksinasi pekerja di dalam mal itu semua, dan kalau yang hadir bisa memberikan bahwa sudah divaksinasi, harapannya tetap dibuka supaya ritelnya pun tetap berjalan,” ujarnya dalam laman resmi Kadin yang dilansir dari CNN, Selasa (27/7/2021).

Selain itu, ia mengusulkan agar sektor manufaktur yang bergerak di industri esensial, kritikal, dan berorientasi ekspor bisa beroperasi 100 persen selama masa PPKM darurat. Dengan syarat, perusahaan tersebut sudah melakukan vaksinasi kepada pekerja dan menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

Sementara, untuk manufaktur bidang non esensial bisa berjalan 50 persen.

“Namun, keduanya kami bicara direct workers, sedangkan untuk indirect workers atau sebagai penunjang, tidak apa-apa WFH, masih ada 10 persen-20 persen,” imbuhnya.

Secara umum, ia menyatakan Kadin Indonesia mendukung langkah pemerintah memberlakukan PPKM darurat untuk menekan angka penularan pandemi Covid-19.(iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Mobil Terperosok di depan RSAL dr Ramelan A.Yani

Antre Vaksin di T2 Juanda

Kebakaran Lahan Kosong Darmo Permai

Surabaya
Selasa, 28 September 2021
33o
Kurs