Jumat, 29 Maret 2024

Kredit Sayang Sidoarjo Sudah Cair Rp20 Miliar untuk 850 UMKM

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo saat meninjau salah satu produk UMKM Sidoarjo. Foto: Humas Pemkab Sidoarjo

Program modal murah dengan bunga 3 persen per tahun yang digeber Pemkab Sidoarjo lewat BUMD BPR Delta Artha banyak dinikmati usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Sampai November lalu, penyaluran kredit untuk UMKM sudah menembus angka Rp20 miliar dengan jangkauan penerima mencapai hampir 850 UMKM di Sidoarjo.

Program modal murah bertajuk ”Kredit Sayang” ini diluncurkan Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo pada Maret 2021 lalu. UMKM bisa mengajukan pinjaman modal hingga Rp200 juta.

“Salah satu kendala UMKM memang soal permodalan. Sehingga kita bikin program modal murah ini, yang termasuk paling murah dibanding program perbankan lain. Kita minta BPR Delta Artha terus memacu penyalurannya, termasuk jemput bola sosialisasi bahwa ada program ini ke komunitas-komunitas UMKM,” kata Muhdlor, Selasa (7/12/2021).

Dia menjelaskan skema program itu. Pemerintah daerah melalui APBD menanggung subsidi bunga kepada UMKM. Nilai subsidi bunga yang digelontorkan melalui APBD sebesar Rp5,8 miliar.

Dengan subsidi bunga yang ditanggung pemeritah daerah, industri perbankan milik Pemkab Sidoarjo tetap mampu menjalankan operasional bisnis dengan baik, dan di sisi lain UMKM bisa terbantu mendapatkan modal murah.

”Masih ada alokasi subsidi bunga yang belum terserap, sehingga ini ada ruang untuk memacu penyaluran Kredit Sayang. Dana dari rakyat, kita kucurkan untuk subsidi bunga, tentu manfaatnya juga harus ke rakyat. Makanya monggo UMKM Sidoarjo manfaatkan ini,” kata Gus Muhdlor.

Dia menambahkan, selain tetap menggeber Kredit Sayang berbunga murah 3 persen per tahun, Pemkab Sidoarjo juga bakal menjalankan program Kartu Usaha Perempuan Mandiri (KURMA) pada tahun depan.

KURMA adalah skema bantuan modal Rp5-50 juta untuk kelompok perempuan terutama dari keluarga kurang mampu. Alokasi dana untuk KURMA disiapkan puluhan miliar dari APBD Sidoarjo 2022.

”Jadi kalau Kredit Sayang ini untuk UMKM yang sudah jalan dengan prosedur khas perbankan namun bunganya sangat murah hanya 3 persen. Sedangkan KURMA kita dedikasikan untuk para perempuan yang berkelompok merintis usaha terutama dari keluarga kurang mampu, perempuan kepala keluarga, dan perempuan korban kekerasan,” ujar Muhdlor.

Sementara itu, Kepala Bagian Pemasaran Cabang Utama BPR Delta Artha, Adistya Prima Anggadewi, mengatakan, respons UMKM Sidoarjo terhadap ”Kredit Sayang” yang diluncurkan Bupati Sidoarjo sangat besar.

“Pinjaman yang bisa diajukan pelaku UMKM nilainya variatif sampai maksimal Rp200 juta. Per November 2021, sudah tersalurkan ke hampir 850 UMKM, tepatnya 842 UMKM,” kata Dewi.

Sejauh ini, tambah Dewi, belum ada kredit macet, semua masih lancar. “Untuk angsuran, semua lancar. Ini bukti UMKM Sidoarjo memiliki pengelolaan keuangan yang baik,” ujarnya.(den/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs