Kamis, 25 April 2024

Menparekraf: Bantuan Hibah untuk Pelaku Pariwisata Perlu Penyesuaian

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno (kanan depan) meninjau persiapan vaksinasi di Sesko AU, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Sabtu (17/7/2021). Foto: Antara
Sandiaga Salahuddin Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) mengatakan, sejauh ini pihaknya masih terus melakukan verifikasi dan validasi data para pelaku pariwisata yang ditargetkan menerima bantuan dana hibah. Namun, dia menyatakan, ada kemungkinan penyesuaian dana hibah itu sesuai masukan dari kementerian lain.
“Kelihatannya harus ada penyesuaian karena masukan dari Menteri Keuangan kami (perlu) memaksimalkan dulu program-program yang menyentuh masyarakat yang terdampak, terutama UMKM,” kata Sandiaga di Bandung Barat, Jawa Barat, Sabtu (17/7/2021).

Meski demikian, dia memastikan, kementeriannya telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi bagi sektor pariwisata yang terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang diperpanjang sampai akhir Juli nanti.

Dia tidak menampik, PPKM Darurat berdampak pada sektor ekonomi termasuk di bidang pariwisata. Tapi PPKM Darurat, kata dia, diperlukan untuk menekan angka penularan Covid-19 yang kian mengkhawatirkan di Tanah Air.

“Kami juga terus aktif menyiapkan program-program untuk pemulihan bagi masyarakat yang sekarang sangat terdampak dan sangat prihatin. Sekarang banyak situasi yang sangat perlu kita memiliki lebih besar empati,” kata Sandi sebagaimana dikutip Antara.

Menurutnya, salah satu program yang terus berjalan, Kemenparekraf terus menawarkan hotel untuk digunakan sebagai tempat isolasi mandiri bagi pasien Covid-19 yang bergejala sedang dan ringan.

“Hotel-hotel juga dilengkapi dengan pemetaan ketersedian oksigen, yang sudah kami lakukan dengan pendekatan kecerdasan buatan atau artificial intelligence,” kata dia.

Selain itu, Sandi juga mengatakan, Kemenparekraf akan melakukan hal lain untuk mempercepat pemulihan ekonomi. Di antaranya percepatan program vaksinasi dan hotel-hotel yang juga diberdayakan untuk menjadi tempat istirahat bagi para tenaga kesehatan.(ant/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs