Selasa, 23 April 2024

Menteri Pertanian Pastikan Pupuk Subsidi untuk Musim Tanam Kedua Mencukupi

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Syahrul Yasin Limpo Gubernur Sulawesi Selatan. Foto : kemendagri.go.id

Syahrul Yasin Limpo Menteri Pertanian (Mentan) memastikan stok pupuk subsidi untuk masa tanam padi kedua mencukupi, dengan total stok mencapai sembilan juta ton.

“Kami menyediakan sembilan juta ton pupuk subsidi untuk seluruh daerah,” kata Mentan Syahrul di Indramayu, Jumat (30/4/2021), seperti dilaporkan Antara.

Dia mengatakan jumlah sembilan juta ton pupuk subsidi ini sudah sesuai dengan porsi Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK), meskipun pada RDKK yang diajukan hingga 24 juta ton.

Menurutnya, pupuk subsidi diperuntukan bagi petani miskin dan hanya bisa digunakan untuk area sawah di bawah dua hektare, untuk itu kebutuhan pupuk subsidi akan dipastikan cukup.

Dia menambahkan, pemakaian pupuk subsidi di sejumlah daerah tidak menghabiskan stok pupuk subsidi yang tersedia.

Seperti di Indramayu, daerah penghasil beras nomor satu di Indonesia ini baru menggunakan pupuk subsidi sekitar 40 persen. Padahal ketersediaan pupuk subsidi untuk Indramayu mencapai 300 ribu ton.

“Artinya, stok pupuk subsidi di daerah ini masih aman. Dari ketersediaan 300 ribu ton lebih di Indramayu, baru terpakai 40 persen. Masih cukup dan belum waktunya dipakai,” tambahnya. (ant/frh/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
30o
Kurs