Sabtu, 27 April 2024

BI: Suku bunga The Fed Capai Puncak 5 Persen di Kuartal I 2023

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Perry Wajiyo Gubernur Bank Indonesia saat menghadiri pertemuan IMF. Foto: BI

Perry Warjiyo Gubernur Bank Indonesia (BI) memperkirakan suku bunga acuan The Federal Reserve (Fed) Bank Sentral Amerika Serikat (AS) akan mencapai puncak sebesar lima persen pada kuartal I 2023.

Dengan risiko yang lebih tinggi, suku bunga acuan The Fed bisa mencapai 5,25 hingga enam persen pada kuartal tersebut.

“Peningkatan suku bunga The Fed akan bertahan sepanjang 2023. Untuk baseline dengan puncak suku bunga The Fed sebesar lima persen, paling cepat turun menjadi 4,75 persen pada akhir 2023,” kata Perry dalam webinar Proyeksi Ekonomi Indonesia yang dipantau Antara di Jakarta, Senin (5/12/2022).

Dengan peningkatan suku bunga acuan The Fed, ia memperkirakan penguatan mata uang dolar AS akan berlanjut pada 2023. Sehingga, memberi tekanan terhadap nilai mata uang hampir seluruh negara di dunia, termasuk rupiah.

“Dolar pernah mencapai 114 indeksnya terhadap mata uang asing, menguat kurang lebih sebesar 25 persen (Year on Year/YoY), beberapa minggu ini mulai melemah indeks dolar sekitar 106,” katanya.

Ke depan penguatan dolar AS akan bergantung pada inflasi, kenaikan suku bunga The Fed, dan bagaimana bank sentral AS itu akan menyeimbangkan kenaikan suku bunga acuan dengan risiko resesi.

Hanya saja menurut Perry, nilai tukar rupiah akan tetap kuat pada 2023 didukung oleh perekonomian nasional yang tetap tumbuh sekitar 4,7 sampai 5,3 persen.

Sepanjang 2022, Bank Indonesia juga telah melakukan berbagai upaya untuk menjaga nilai tukar rupiah, untuk menahan imported inflation sehingga depresiasi nilai tukar rupiah hanya mencapai sekitar sembilan persen.

“Ini lebih rendah dari penguatan dolar AS yang rata-rata hampir mencapai 20 persen. Ini hasil dari sinergi fiskal dan moneter untuk mengendalikan inflasi dari gejolak harga inflasi pangan dan global,” ucapnya. (ant/bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
27o
Kurs