Kamis, 28 Maret 2024

Harga Minyak di Asia Naik Akibat Pasokan Ketat dan Ketidakpastian Persediaan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi Kilang migas lepas pantai Pertamina Hulu Mahakam di perairan Kalimantan Timur. Foto: HO-Pertamina

Harga minyak naik sedikit di awal perdagangan Asia pada Jumat (24/6/2022) pagi. Hal itu akibat negara-negara berusaha mengatasi keterbatasan pasokan minyak mentah dan bahan bakar global.

Seperti dilaporkan Antara, minyak mentah berjangka Brent naik 39 sen atau 0,4 persen, menjadi 110,44 dolar AS per barel pada pukul 00.12 GMT.

Sementara itu, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS naik 37 sen atau 0,4 persen, menjadi diperdagangkan di 104,31 dolar AS per barel.

OPEC dan negara-negara produsen sekutu termasuk Rusia kemungkinan akan tetap pada rencana mempercepat peningkatan produksi pada Agustus, dengan harapan mengurangi harga minyak mentah dan inflasi ketika Joe Biden Presiden AS jadi mengunjungi Arab Saudi.

Kelompok yang dikenal sebagai OPEC+ sepakat pada pertemuan terakhirnya pada 2 Juni untuk meningkatkan produksi sebanyak 648.000 barel per hari pada Juli, atau 7,0 persen dari permintaan global.

Dengan jumlah yang sama pada Agustus, naik dari rencana awal untuk menambah 432.000 barel per hari selama tiga bulan sampai September.

Namun, kelompok itu kesulitan mencapai target kenaikan bulanan karena kurangnya investasi di ladang minyak oleh beberapa anggota OPEC dan, baru-baru ini, kehilangan dalam produksi Rusia.

Menurut salah satu sumber yang dikutip Reuters, para penyuling minyak utama AS dan Jennifer Granholm selaku Menteri Energi muncul dari pertemuan darurat mengenai masalah tersebut tanpa solusi konkret untuk menurunkan harga. Meski demikian, kedua pihak sepakat untuk bekerja sama.

“Perkiraan mingguan resmi untuk persediaan minyak AS dijadwalkan akan dirilis pada Kamis (23/6/2022) tetapi masalah teknis akan menunda angka-angka itu hingga minggu depan, tanpa memberikan garis waktu yang spesifik,” kata Badan Informasi Energi AS. (ant/bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs