Jumat, 29 Maret 2024

Mendag Sebut Stok dan Harga Bapok Aman Jelang Natal dan Tahun Baru

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan saat memantau harga bahan kebutuhan pokok di Pasar Bukateja, Purbalingga, Jawa Tengah, Jumat (2/12/2022). Foto: Antara

Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan mengatakan, stok dan harga barang kebutuhan pokok (bapok) aman, menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2023, saat meninjau ritel modern Hypermart dan Superindo bersama Arief Prasetyo Adi Kepala Badan Pangan Nasional.

“Secara keseluruhan, stok tersedia dan harganya stabil. Oleh karena itu, sekali lagi stok tersedia, harganya stabil. Segala hal kita lakukan agar stok bapok aman,” kata Mendag lewat keterangannya di Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Mendag menyampaikan, pemerintah terus berusaha menjaga stok.

Mendag mengungkapkan, untuk harga beras di ritel modern masih stabil, bahkan terdapat beras dengan harga di bawah harga eceran tertinggi (HET). Sementara harga beras Bulog tetap, tidak ada perubahan.

“Bahkan, tadi di sini ada beras dengan harga di bawah HET yang diproduksi Badan Usaha Milik Daerah DKI Jakarta,” terangnya.

Mendag menyebut, inflasi pada November 2022 tercatat sebesar 5,42 persen, turun dibanding bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 5,71 persen.

Artinya terdapat harga barang kebutuhan yang mengalami penurunan di pasar, termasuk ayam. Namun, ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan, misalnya telur.

“Kenaikan harga telur disebabkan permintaan yang meningkat jelang Natal dan tahun baru. Harga telur naik sedikit karena permintaan naik. Nanti kalau permintaannya biasa lagi, harganya akan turun kembali. Kenaikan ini masih wajar sebesar Rp30.700/kg, tetapi di ritel modern masih Rp27.000 per kg,” jelas Zulkifli.

Mendag menambahkan, Kemendag terus berkoordinasi dengan pemangku kepentingan untuk menjaga stabilitas harga dan pasokan bapok.

“Pemerintah selalu berdiskusi dengan pemangku kepentingan, termasuk asosiasi pelaku usaha untuk cari jalan keluar bersama,” imbuhnya.

Senada dengan Zukifli, Arif Prasetyo Adi Kepala Bapanas mengungkapkan, pasokan dan harga bapok terkendali. Peninjauan ritel modern untuk memastikan semua stok bapok tersedia.

“Kita hari ini meninjau ritel modern memastikan stok ada. Stok hari ini sampai jelang Natal dan tahun baru ada. Pemerintah Pusat juga terus berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk menyelenggarakan operasi pasar. Masyakarat atau konsumen dipersilakan hadir untuk mendapatkan harga bapok terjangkau,” tambah Arif.(ant/gat/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs