Kamis, 2 Mei 2024

Percepat Digitalisasi Industri, Kadin Jatim Gandeng IHK Trier Jerman

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Sabine Ney, Assisten Ketua Umum dan CEO IHK Trier Jerman bersama Moderator M. Reza N., BBP IHK Trier. Saat acara Seminar dan Workshop Administrasi Perkantoran di Era Digital diselenggarakan oleh Kadin Jawa Timur bekerjasama dengan IHK (Kadin) Trier Jerman. Graha kadin jatim (5/9/2022). Foto: Kadin Jatim

Kamar Dagang dan Industri Jawa Timur (Kadin Jatim) bekerja sama dengan Industrie-und Handelskammer (IHK) Trier Jerman mengadakan pendampingan dan workshop dengan tema “Kantor Masa Depan, Administrasi Perkantoran di Era Digital”, di Graha Kadin Jatim, Senin (5/9/2022) kemarin.

Dalam workshop tersebut, hadir pula pengurus Kadin se Jatim, Asosiasi, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dan industri.

Adik Dwi Putranto Ketua Umum Kadin Jatim dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, Selasa (6/9/2022) mengungkapkan, digitalisasi saat ini telah menjadi kebutuhan primer masyarakat, termasuk dalam proses  berbisnis.

“Kondisi ini harus ditangkap dengan sesegera mungkin melakukan transformasi teknologi digital dalam aktifitas bisnis mereka. Jika hal ini tidak dicermati, maka perusahaan tersebut akan tertinggal dan kalah dengan kompetitor,” jelas Adik.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Sabine Ney, Assisten Ketua Umum dan CEO IHK Trier Jerman yang menyebut jika di negaranya, digitalisasi telah menjadi bagian penting dalam pekerjaan.

“Artinya, mau tidak mau, selama dua tahun terakhir ini khususnya, Jerman harus mengejar digitalisasi karena menjadi sesuatu yang penting. Saat ini tidak ada proses administrasi perkantoran yang analog lagi, semua sudah digital, semua online dan paperless,” ungkap Sabine Ney.

Oleh karena digitalisasi di Jerman sudah menjadi bagian penting dalam proses administrasi perkantoran, maka IHK Trier berpendapat bahwa Indonesia suatu saat akan menjadi seperti Jerman.

“Sehingga penting untuk melaksanakan seminar, workshop atau pelatihan, dimana kita betul-betul bisa melihat hal apa saja yang bisa kita lakukan untuk mendigitalkan proses administrasi perkantoran di kantor perusahaan mitra kami, Kadin Jatim, Kadin Kabupaten dan Kota serta industri di Jatim agar tidak tertinggal dalam perlombaan digitalisasi sekarang,” terangnya.

Bagian paling penting dalam perusahan yang harus sesegera mungkin untuk dilakukan transformasi digital dalam administrasi perkantoran adalah terkait dengan penjadualan. Mulai dari kalender, tugas dan kontak harus terdigital agar ketika ada janji, meeting atau seminar, semua langsung mendapat informasi yang dibutuhkan dan bisa langsung bekerja.

“Karena kalau kita memiliki penjadualan yang betul-betul tertata, kapan, dimana dan dengan siapa kegiatan akan dilakukan, itu tentu akan memudahkan pekerjaan kita. Tidak perlu menunggu informasi atau delegasi tugas dari atasan, semua akan tahu pada platform yang sama,” ujar Sabine.

Bagian terpenting nomor dua adalah arsip dokumen. Di IHK Trier Jerman, lanjutnya, semua dokumentasi sudah paperless. Semua dokumen ada dalam bentuk digital dan ada dalam satu tempat penyimpanan atau satu cloud dan semua orang yang berkepentingan bisa mengakses.

“Jadi tidak ada alasan, misalkan ada yang butuh satu dokumen, ia tidak bisa memberikan karena yang bersangkutan tidak di kantor, karena semua terintegrasi dalam satu sistem penyimpanan cloud yang semua bisa akses,” ungkapnya .

Dengan pelatihan dan workshop yang telah dilakukan, Sabine berharapan, mitra Kadin Jatim dan Kadin Kabupaten Kota serta industri akan menjadi sadar bahwa saat ini harus segera memulai transformasi digital di seluruh lini bisnis yang dijalani, utamanya pada administrasi perkantoran. (gat/bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
29o
Kurs