Jumat, 26 April 2024

Tiga Maskapai Internasional Sukses Mendarat Perdana di Bandara Ngurah Rai

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Maskapai Jetstar Asia berhasil mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, pada Jumat (4/3/2022). Foto: Angkasa Pura/Antara

PT Angkasa Pura I (Persero) menyampaikan bahwa tiga maskapai rute penerbangan internasional yaitu Jetstar Asia, Garuda Indonesia, dan Scoot sukses melakukan pendaratan perdana di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Jumat (4/3/2022).

“Suksesnya pendaratan perdana tiga maskapai rute internasional hari ini menambah optimisme akan kebangkitan industri aviasi dan pariwisata yang sangat terdampak oleh pandemi Covid-19, dan diharapkan dapat membawa multiplier effect bagi pertumbuhan ekonomi di Bali,” terang Faik Fahmi Direktur Utama Angkasa Pura I di Jakarta dalam keterangan resminya, seperti dilansir Antara, Sabtu (5/3/2022).

Maskapai Jetstar Asia nomor penerbangan 3K243 rute Singapura – Denpasar, sukses melakukan pendaratan pada pukul 09.55 WITA menggunakan jenis pesawat Airbus A320 dan mengangkut sebanyak 8 penumpang. Sementara pesawat yang sama dengan nomor penerbangan 3K244, terbang dengan rute sebaliknya pukul 10.45 WITA dengan mengangkut 6 penumpang.

Maskapai Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA715, dengan rute Sydney – Denpasar mendarat pada pukul 14.45 WITA menggunakan jenis pesawat Airbus A330, dan mengangkut sebanyak 61 penumpang. Sementara untuk Maskapai Scoot nomor penerbangan TR288 dengan rute Singapura – Denpasar yang mengangkut 42 penumpang, mendarat pukul 18.05 WITA menggunakan pesawat Airbus A320 dan berangkat kembali ke Singapura dengan nomor penerbangan TR289 pukul 18.45 WITA dengan 11 penumpang.

Faik menjelaskan, Maskapai Jetstar Asia mengoperasikan sebanyak 3 penerbangan dalam sepekan yaitu pada Selasa, Jumat dan Minggu, Garuda Indonesia  sebanyak 1 penerbangan pada hari Jumat, dan Scoot sebanyak 3 penerbangan pada Senin, Jumat, dan Minggu. “Ini juga menambah daftar maskapai internasional yang telah kembali beroperasi di Bali setelah sebelumnya Garuda Indonesia rute Narita – Denpasar dan Singapore Airlines rute Singapura – Denpasar,” jelasnya.

Sebagai pengelola Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, AP I bersama seluruh pemangku kepentingan terkait telah berkomitmen untuk terus memastikan seluruh penumpang rute internasional yang datang ke Bali menjalani setiap proses pemeriksaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Selain itu, implementasi protokol kesehatan COVID-19 tetap dilakukan secara ketat untuk menjaga aspek keamanan, kenyamanan, keselamatan dan kesehatan seluruh penumpang.

“Proses pembersihan terhadap area pada fasilitas-fasilitas publik dilakukan secara intens dan berkala menggunakan desinfektan. Kami juga mendorong mitra usaha atau tenant untuk tetap memberikan pelayanan terbaik dan menjalankan penerapan protokol kesehatan dengan ketat,” tambahnya.

Sejak penerbangan internasional oleh Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali kembali beroperasi pada 1-28 Februari 2022, trafik penumpang penerbangan internasional mencapai 2.933 penumpang dengan trafik pesawat mencapai 64 pergerakan pesawat.

Sementara sebelum pandemi COVID-19, trafik penumpang penerbangan rute internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, mencapai 13,8 juta penumpang dengan trafik pesawat internasional mencapai 73.886 pergerakan pesawat. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs