Minggu, 5 Mei 2024

Apple Jadi Perusahaan Pertama yang Capai Kapitalisasi Pasar Rp45 Kuadriliun

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Logo Apple dengan Facebook di iPhone. Apple Inc. Foto: Antara

Nilai pasar Apple Inc. melampaui 3 triliun dolar Amerika Serikat (sekitar Rp45 kuadriliun) pada akhir perdagangan saham, Jumat (30/6/2023) di New York.

Menurut Media AS, nilai tersebut menjadikan perusahaan teknologi informasi yang berbasis di California itu sebagai perusahaan terdaftar pertama dunia yang mencapai kapitalisasi pasar di levelnya.

Kantor berita Kyodo seperti dilansir Antara, Sabtu (1/7/2023), melaporkan bahwa investor mencari saham Apple karena penjualan iPhone dan produk laptop yang solid, serta harapan tinggi untuk Vision Pro setelah headset augmented reality itu pertama kali diungkap pada awal Juni.

Harga saham Apple, yang naik sekitar 50 persen sejak awal tahun ini, naik dua persen pada hari Jumat saja dari hari sebelumnya di Bursa Saham New York.

Lonjakan tersebut membantu saham-saham teknologi tinggi lainnya untuk mengalami kenaikan secara keseluruhan.

Kapitalisasi pasar Apple sempat melampaui tonggak sepanjang sesi perdagangan pada Januari 2022, sebelum ditutup lebih rendah.

Nilai pasar perusahaan itu telah meningkat tiga kali lipat sejak Agustus 2018, ketika mencapai 1 triliun dolar AS (sekitar Rp15 kuadriliun) dan melampaui batas 2 triliun dolar AS (sekitar Rp30 kuadriliun) pada Agustus 2020. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
28o
Kurs