Sabtu, 24 Februari 2024

Bahas Investasi Tesla di Indonesia, Luhut Temui Elon Musk Bulan Depan

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Luhut Binsar Panjaitan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves). Foto: maritim.go.id

Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) menyebut rencana bertemu Elon Musk CEO Tesla pada Agustus 2023. Tujuannya untuk merampungkan rencana investasi pabrikan mobil listrik itu di Indonesia.

Hal itu diutarakan Luhut menyusul kehadiran Tesla di Malaysia lewat kantor pusat dan pusat layanan di negeri jiran.

“Belum ada Tesla (di Malaysia). Saya mau ketemu Elon nanti tanggal 2 pada bulan depan. Ya itu, kita mau finalkan (investasi Tesla di Indonesia),” kata Luhut dilansir Antara pada Senin (24/7/2023).

Tesla sendiri sudah membangun stasiun pengisian super cepat dalam ruangan di pusat perbelanjaan lokal di Malaysia. Mereka juga telah membuka pemesanan daring Tesla Model Y dan Model 3 di Malaysia.

Selain itu, Tesla akan membuka kantor pusat dan Tesla Experience and Service Center sebagai bagian dari inisiatif Global Leaders BEV (Battery Electric Vehicle) Malaysia.

Meski pernah disalip sejumlah negara seperti India dan Malaysia, Pemerintah Indonesia menekankan negosiasi dengan Tesla masih tetap berjalan. Perkembangan negosiasi sendiri terletak dalam perjanjian kerahasiaan (nondisclosure agreement/NDA).

Tesla dan Indonesia sama-sama berminat agar rencana investasi kendaraan listrik di Tanah Air berjalan baik. Terlebih pemerintah telah mengeluarkan insentif untuk pembelian kendaraan listrik. (ant/bnt/saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Sabtu, 24 Februari 2024
27o
Kurs