Sabtu, 4 Mei 2024

BPS Jatim: Sektor Transportasi dan Pergudangan Melonjak Imbas Lebaran dan Long Weekend

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Zulkipli Kepala BPS Provinsi Jatim saat memaparkan distribusi dan pertumbuhan PDRB menurut lapangan usaha triwulan II 2023 year on year, Senin (7/8/2023). Foto: Tangkapan Layar

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Timur (Jatim) mencatat seluruh lapangan usaha di wilayah Jatim mengalami pertumbuhan yang positif.

Zulkipli Kepala BPS Jatim mengatakan, sektor transportasi dan pergudangan mengalami lonjakan paling tinggi di triwulab II 2023. Lonjakannya mencapai 13,90 persen.

“Momentum libur Lebaran yang cukup panjang dan beberapa long weekend menyebabkan kenaikan di seluruh transportasi,” ucapnya pada Senin (7/8/2023).

Setelah transportasi dan pergudangan, pertumbuhan tertinggi kedua di Jatim adalah pengadaan listrik dan gas yang tercatat sebesar 12,91 persen.

“Distribusi listrik yang meningkat terutama di saat perayaan agama,” tuturnya.

Data perekonomian pulau Jawa triwulan II 2023. Foto: Tangkapan Layar

Kemudian disusul sektor jasa perusahaan sebesar 8,89 persen, akomodasi dan makanan minum 8,28 persen, infokom 7,02 persen, peradangan 6,44 persen, konstruksi 6,19 persen, serta jasa pendidikan 5,43 persen.

Zulkipli mengungkapkan, terjadinya pertumbuhan itu disebabkan adanya peningkatan keyakinan konsumen terhadap permintaan domestik serta menggiatnya aktivitas sektor jasa.

“Jadi, hal itu yang mengakibatkan seluruh usaha menjadi tumbuh dengan positif,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan bahwa Jatim merupakan penyumbang perekonomian terbesar kedua di pulau Jawa dengan kontribusi sebesar 25,23 persen.

Sementara untuk kontribusi terhadap seluruh provinsi di Indonesia, Jatim tercatat berkontribusi sebesar 14,45 persen. (ris/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
26o
Kurs